Kegunaan Passbook di iOS 6

passcode
passcode

kegunaan passbook di ios 6 – Passbook adalah sebuah fitur baru di iOS 6, khususnya buat iPhone, yang mampu menyimpan boarding pass, tiket, kupon, kartu anggota, dan masih banyak lagi dalam satu tempat. Aplikasi ini berfungsi sebagai pengganti pembayaran digital yang diimplementasikan selama ini dalam sebuah perangkat.

Menambahkan Pass atau tiket ke Passbook dapat dilakukan melalui aplikasi, email, dan situs dari perusahaan yang mendukung Passbook. Kegunaan Passbook dalam jangka panjang sepenuhnya berada di tangan perusahaan. Kita bisa mengambil contoh Starbucks. Apabila mereka turut mendukung Passbook, maka Anda dapat menyimpan kupon Starbucks di Passbook dan dapat menggunakannya ketika melakukan pembelian.

Menjalankan Passbook pertama kali akan menampilkan jenis-jenis kupon dan tiket yang bisa disimpan. Untuk menuntun pengguna yang baru terhadap Passbook, Apple memunculkan tombol App Store dengan daftar aplikasi-aplikasi yang sudah mendukung Passbook. Sementara hanya bioskop dan perusahaan penerbangan di Amerika Serikat mendukung Passbook. Pemilik iPhone dengan iOS 6 di Indonesia sepertinya harus menunggu cukup lama untuk merasakan manfaat Passbook.

Di samping penantian dukungan Passbook oleh perusahaan-perusahaan di pelosok dunia. Passbook juga dirancang dengan berbagai fitur tambahan seperti kemampuan untuk melihat posisi tempat duduk di bioskop, kapan masa berlaku sebuah kupon berakhir, dan sisa dana kartu pembayaran. Bila Anda menggunakan iPhone 4 atau versi lebih baru, location reminders dapat mengetahui posisi Anda dan menampilkan kupon langsung, atau tiket pesawat di bandara pada lock screen. Hal ini tentu saja menghemat waktu yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi Passbook dan mencari tiket yang bersangkutan.

Satu hal lagi yang dicantumkan pada situs Apple, apabila Anda telah check-in dalam sebuah penerbangan dan terjadi perubahan gerbang, maka Passbook akan mengirimkan alert ke iPhone Anda.

Saya sendiri belum bisa mencoba Passbook sehingga sulit menjelaskan pengalaman yang dirasakan. Tetapi berdasarkan tulisan CNET seputar Passbook, saya akan menjelaskan langkah-langkah yang dibutuhkan untuk menggunakan Passbook.

Menambahkan Pass ke Passbook
Menambahkan Pass ke Passbook
  • Menambahkan Pass cukup mudah dilakukan. Dari sumber apapun, baik itu aplikasi ataupun email, Anda dapat melihatnya terlebih dahulu. Sebuah Pass memiliki bagian depan dan bagian belakang. Apabila pass yang didapatkan sesuai, Anda dapat menyimpannya ke Passbook dengan memilih tombol “Add”.
  • Setelah selesai ditambahkan, Anda dapat melihat informasi semua Pass yang sudah tersimpan di dalam Passbook. Tergantung dari cara merchant menangani Pass, Anda bahkan mungkin tidak perlu membuka aplikasi Passbook.
Pengaturan Pass dalam Passbook
Pengaturan Pass dalam Passbook
  • Pada bagian belakang terdapat beberapa pengaturan untuk perilaku setiap Pass. Sebaiknya biarkan Pass muncul di lock screen sehingga ia akan muncul ketika Anda berada di lokasi merchant.

Passbook merupakan sebuah fitur yang benar-benar bergantung pada perusahaan untuk menjadi berguna. Setelah membaca beberapa review aplikasi di App Store, banyak orang yang puas menggunakan fitur ini, terutama dalam pembelian tiket bioskop. Namun tidak jarang ada yang mengeluh alur mendapatkan Pass di beberapa aplikasi perusahaan penerbangan.

Bagi Anda yang sudah bisa mencoba Passbook di negaranya, bagaimana pengalaman menggunakan fitur ini?

One thought on “Kegunaan Passbook di iOS 6”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.