Khasiat & Manfaat Daun Mint

 

manfaat daun mint
manfaat daun mint

Daun Mint

Khasiat & Manfaat Daun Mint – Apakah Anda termasuk yang menyukai mengunyah permen karet rasa mint di saat merasa bosan, kesal, galau atau sedang menunggu sesuatu? Apa yang Anda rasakan setelahnya? Sebagian besar pasti akan menjawab selain merasa lebih rileks, Anda akan merasa lebih kenyang dari sebelumnya. Ternyata semua itu tidak hanya sekedar mitos atau sugesti, permen rasa mint yang tentu saja dalam pengolahannya mengandung mint memang memiliki beberapa manfaat, antara lain membuat diri menjadi lebih rileks dan menekan rasa lapar. Pantas saja kini banyak orang yang menjalankan diet menggunakan daun mint. Baca lebih lanjut tentang manfaat daun mint untuk diet dan kesehatan tubuh berikut ini.

Daun mint atau yang sering juga disebut mentha merupakan salah satu kelompok tumbuhan yang terdiri dari sekitar dua puluh jenis, termasuk peppermint dan spearmint. Kita banyak menemukannya di dalam olahan makanan, permen, bahkan pasta gigi. Selama ini orang-orang hanya tahu manfaat daun mint untuk diet, namun jarang yang menggali lebih dalam mengenai kandungan mint itu sendiri. Tak banyak yang menyadari bahwa daun mint bisa menurunkan kadar garam dalam tubuh.

Selain itu, daun mint juga mengandung banyak nutrisi. Siapa yang menyangka jika di dalam daun mint terdapat 0,48 gram karbohidrat, 0.30 gram serat, 0.12 gram protein, 0.03 gram lemak? Sedangkan jumlah kalori yang dikandungnya hanya 2. Tidak hanya itu, daun mint juga memiliki kandungan Vitamin C, magnesium, Vitamin A, kalium, fosfor, dan kalsium. Sebuah komposisi yang lengkap dari sebuah lembaran daun yang sederhana.

Dengan kandungannya yang super lengkap inilah tak heran jika daun mint dipercaya bisa membantu program diet bagi mereka yang ingin mendapatkan tubuh ideal. Keunggulan aromanya yang segar ternyata mampu menekan rasa lapar dan keinginan untuk ngemil di malam hari. Selain itu, daun mint juga mampu melancarkan pencernaan dan membakar lemak berlebih di dalam tubuh. Bonus dari mendapatkan tubuh ideal, mengonsumsi daun mint secara rutin juga akan memberikan manfaat sebagai berikut.

  1. Zat antioksidan yang dikandungnya mampu mengurangi alergi yang Anda derita.
  2. Kandungan menthol di dalam daunt mint bisa mengatasi flu dan batuk yang sering datang di saat musim tak menentu seperti ini.
  3. Bagi Anda yang mengidap Irritable Bowel Syndrome (IBS), daun mint akan mampu meredakannya karena efektif mengatasi gangguan usus. Segera ucapkan selamat tinggal pada perut kembung, kram, sembelit ataupun diare.
  4. Daunt mint yang diolah menjadi lotion bisa membantu mengatasi ruam dan gatal akibat digigit serangga.
  5. Aroma daun mint sangat menenangkan. Bagi Anda yang memiliki kecemasan berlebih atau mengalami depresi, menghirup daun mint bisa memberikan rasa tenang dan rileks.

MEMAKSIMALKAN MANFAAT DAUN MINT UNTUK DIET DAN KESEHATAN TUBUH

Demi mendapatkan sejuta manfaat yang dimiliki daun mint, maka Anda harus tahu bagaimanakah mengolah daun mint. Berikut ini adalah beberapa cara mengolah daun mint yang bisa Anda terapkan di rumah.

  1. SEBAGAI CAMPURAN INFUSED WATER

Salah satu cara paling mudah untuk mengambil manfaat daun mint yaitu dengan mencampurnya dalam infused water yang kita buat. Daun mint bisa menjadi pelengkap semua jenis infused water, namun yang paling sering yaitu digabungkan dengan lemon atau mentimun.

  1. SEBAGAI PELENGKAP MASAKAN

Masakan khas Timur Tengah banyak menjadikan daun mint sebagai salah satu bumbu di tiap resepnya. Jika Anda hobi memasak, Anda bisa mencoba cara ini.

  1. DIOLAH MENJADI PASTA

Selain diolah sebagai bumbu, Anda juga bisa mengolah daun mint menjadi mint chutney semacam pasta berwarna hijau yang bisa Anda oleskan di atas roti tawar, dicampur dalam yoghurt ataupun sebagai salad dressing. Cara membuatnya pun sangat mudah. Cukup siapkan daun mint segar sebanyak 1 ikat, 1 buah cabai hijau, 1 buah tomat, 2-3 sendok makan daun ketumbar dan sedikit garam. Campur semua bahan menjadi satu, tumbuk hingga lembut seperti pasta.

  1. DIOLAH MENJADI JAMU

Jika pasta mungkin terlalu bercita rasa Eropa, Anda bisa mengolah daun mint dengan cita rasa yang lebih Indonesia, yaitu dengan membuatnya menjadi jamu. Siapkan delapan gelas air, satu buah mentimun, satu atau dua ruas jahe yang diparut, dua belas lembar daun mint dan satu buah lemon.

Pertama-tama kupaslah mentimun lalu parut hingga halus, tambahkan perasan air lemon. Haluskan daun mint. Jadikan satu semua bahan dengan parutan jahe. Masukkan ke dalam kulkas dan diamkan semalam agar nutrisinya tercampur sempurna. Pagi harinya masukkan delapan gelas air putih, minum jamu tersebut kapan saja Anda mau. Usahakan setidaknya empat hari berturut-turut rutin dikonsumsi dan Anda akan mendapati lemak di dalam tubuh luruh dengan sempurna.

  1. DIOLAH MENJADI MINYAK ATAU LOTION

Siapkan daun mint dalam jumlah yang cukup banyak. Lalu tumbuk hingga halus. Peras air daun mint dan masukkan ke dalam botol. Anda bisa menambahkan minyak zaitun jika mau. Oleskan minyak daun mint ini pada ruam atau gatal di kulit karena digigit serangga atau alergi. Anda juga bisa menghirupnya sebagai aromatherapy untuk mendapatkan ketenangan.

Manfaat daun mint untuk diet dan kesehatan tubuh memang sangat beragam. Cara pengolahannya pun tidak sulit. Meski begitu Anda harus berhati-hati dalam mengonsumsinya. Terlalu berlebihan dalam menggunakannya pun bukanlah hal yang baik. Alih-alih mendapatkan manfaat, Anda justru bisa mengalami keracunan jika tidak menggunakan sesuai porsi. Hindari pula penggunaan daun mint pada anak-anak karena bisa mengakibatkan gangguan pernafasan dan kejang-kejang.

Anda yang memiliki permasalahan dengan batu empedu ataupun masalah pencernaan yang kronis, sebaiknya juga tidak dekat-dekat dengan daun mint jika tidak ingin mendapatkan masalah yang lebih besar. Manfaat hanya akan datang jika digunakan secara seksama dan sesuai aturan. Selamat mencoba.

 

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.