Cara Membuat Email Gmail Dan Akun Facebook

cara membuat email – Email adalah kebutuhan mendasar di era digital sekarang, bukan hanya untuk berkomunikasi, email juga diperlukan sebagai alat untuk registrasi di website 2.0, seperti facebook, twitter, kaskus, dll.

Kali ini saya akan memnunjukan dua cara membuat email baru. Pertama cara membuat email gmail dan kedua cara membuat email facebook. Nantinya ektensi dari email gmail adalah [username]@gmail.com, sedangkan facebook [username]@gfacebook.com.

Saya akan menunjukan cara lengkap membuat email baru ini secara rinci agar mudah dipahami. Menurut saya, jika kamu ingin memakai email untuk keperluan iseng atau daftar web 2.0, sebaiknya pakai email gmail, sedangkan untuk bertukar kabar dengan teman gunakan email facebook.

Cara Membuat Email Gmail

Berikut ini adalah cara lengkap bagaimana cara membuat email gmail baru, saya yakin kamu bisa mengikuti tutorial cara membuat email gmail bari di bawah.

form gmail
form gmail

Kedua, pastikan kamu mengisi form yang disediakan sesuai seperti yang saya tunjuk pada gambar di bawah. Khusus untuk username, kamu hanya boleh memasukan karakter alphabet(a..z), angka(1..9), dan tanda minus ( — ). Dengan syarat jangan menulis angka didepan, contohnya 12nadiar.

langkah kedua
langkah kedua

Periksa lagi apakah data email sudah benar. Data email ini nantinya akan dipakai untuk semua akun yang terkoneksi dengan google, seperti youtube, google plus, blogger, dll. Jika sudah benar seperti gambar di bawah, kamu bisa mengklik tombol next step.

langkah ketiga
langkah ketiga

Ketiga, selanjutnya kamu akan diminta untuk memasang foto avatar kamu. Jika saat ini kamu belum menyiapkannya, kamu bisa mengupload foto untuk email baru kamu nanti.

Tips: Gunakan foto avatar yang tidak terlalu formal, gunakan avatar casual kamu. Nantinya foto avatar ini akan digunakan juga untuk akun Google plus.

langkah keempat
langkah keempat

Keempat, sampai saat ini kamu sudah berhasil membuat email baru di gmail. Klik Continue to Gmail untuk masuk ke email yang baru kamu buat.

langkah kelima
langkah kelima
langka keenam
langkah keenam

Selamat! kamu sudah berhasil membuat email dengan alamat sendiri, artinya sekarang kamu sudah memiliki email sendiri. Email ini bisa dipakai untuk daftar facebook, twitter, kaskus, dll.

Cara Membuat Email Facebook

Sebelum kamu mengikuti cara membuat email facebook di bawah, syarat pertama adalah memiliki akun facebook. Saya yakin kamu sudah memiliki facebook, jika belum kamu tinggal mendaftar, tidak sulit untuk mendaftar facebook. Kamu hanya perlu membuka facebook.com lalu isi semua biodata kamu. Isikan email dengan email gmail yang baru kamu buat sebelumnya.

form facebook
form facebook

Alamat email @facebook.com sebenarnya adalah fitur opsional dari akun facebook kamu, dan alamat email tersebut berdasarkan username facebook kamu. Nantinya, pesan yang kamu terima di email @facebook.com akan dilanjutkan ke email utama kamu, yaitu email saat kamu mendaftar facebook.

Ketika kamu membalas pesan yang masuk dengan email @facebook.com, nantinya pesan yang kamu kirimkan, akan dikirimkan juga ke email utama kamu.

Aktivasi Email @facebook.com

Pertama, pada bagian kanan atas, klik tombol dropdown lalu klik Settings.

tambilan facebook
tampilan facebook

Kedua, klik bagian email, lalu centang Use your Facebook email: [username]@facebook.com. Lalu untuk menyimpan pengaturan, kamu harus memasukan password facebook kamu terlebih dahulu.

Selesai! sekarang email [username]@facebook.com kamu sudah siap digunakan.

**

Sebenarnya, alamat layanan email gratis ada berbagai macam, yang paling populer adalah google mail, yahoo, dan hotmail.

Ektensi dari google mail adalah gmail.com sedangkan yahoo ada berbagai macam, kamu bisa memilih ymail.com, rocketmail.com, yahoo.com, bahkan yahoo.co.id. Sedangkan rocketmail.com adalah email dari microsoft, selain rocketmail, ektensi lain yang tersedia adalah live.com.

Untuk email lokal, saya hanya tahu beberapa, diantaranya speedy dan kotaksurat.

Jika kamu merasa kesulitan dalam tutorial cara membuat email baru di atas, jangan sungkan untuk bertanya. Saya pasti akan menjawabnya dengan senang hati.

Sekarang kamu sudah berhasil daftar email kamu, coba komentar dan masukan email di kotak komentar di bawah. Nanti saya akan coba mengirim surat ke email facebook atau gmailbaru kamu

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.