Game Fortnite Raih Pendanaan Rp 19 Triliun

Game Fortnite Raih Pendanaan Rp 19 Triliun

Fortnite

Fortnite

 Pencipta game Fortnite, Epic Games, telah mengumumkan investasi baru senilai US$ 1,25 miliar atau Rp 19 triliun, yang merupakan pendanaan terbesar yang pernah ada untuk sebuah perusahaan video game, menurut PitchBook, sebagaimana dikutip Business Insider, 26 Oktober 2018.

Selain menciptakan Fortnite, video game paling populer di dunia, Epic juga menciptakan perangkat lunak pengembangan yang digunakan oleh studio game besar dan pengembang indie.

Menurut siaran pers dari Epic, para investor baru termasuk KKR, ICONIQ Capital, Smash Ventures, aXiomatic, Vulcan Capital, Kleiner Perkins, dan Lightspeed Venture Partners. Mereka akan bergabung dengan Disney, Tencent, dan Endeavor sebagai pemegang saham minoritas.

Pendiri dan CEO Epic, Tim Sweeney akan tetap memegang kendali perusahaan. “Kami senang dapat bermitra dengan pikiran terbaik di komunitas keuangan, olahraga, dan hiburan. Ini memperkuat posisi kepemimpinan Epic dalam teknologi 3D real-time, dan mempercepat kemampuan kami untuk meningkatkan cara orang bermain, bekerja, dan berinteraksi dengan dunia,” kata Sweeney dalam siaran pers.

Fortnite terus mengalami kesuksesan yang melonjak

merayakan 80 juta pemain selama Agustus 2018. Popularitas game ini telah menyebabkan kesepakatan eksklusif dengan Samsung, melisensikan kesepakatan dengan Nerf dan Hasbro, dan bahkan membuat Sony mengubah kebijakannya untuk bermain lintas platform.

Fortnite gratis untuk dimainkan di sebagian besar platform game, tetapi menghasilkan pendapatan melalui transaksi mikro. Game ini mencapai rekor bulanan sebesar US$ 318 juta dalam pendapatan selama Mei 2018, dan Epic telah berkomitmen untuk mengembangkan komunitas kompetitif untuk “Fortnite” dengan janji untuk menginvestasikan US$ 100 juta dalam esports.

Selain menerbitkan judul-judul besar seperti “Fortnite” dan “Gears of War,” Epic Games menciptakan alat desain game untuk pengembang lain. Sekarang suite desain Unreal Engine Epic telah digunakan untuk membuat ratusan game sejak tahun 2001.

Putaran investasi senilai $ 1,25 miliar di Epic adalah yang terbesar yang pernah ada untuk perusahaan video game. Tertinggi sebelumnya adalah $ 550 juta oleh Sea Limited pada Mei 2017, menurut data Pitchbook. Sea Limited adalah perusahaan yang berbasis di Singapura yang menyediakan portal permainan online untuk Asia Tenggara.

The post Game Fortnite Raih Pendanaan Rp 19 Triliun appeared first on EPIC99.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.