Manfaat Membaca Buka Bagi Kesehatan dan Pikiran

manfaat membaca buku
manfaat membaca buku

manfaat membaca buku bagi kesehatan dan pikiran – Sebuah penelitian membuktikan bahwa rutin membaca buku dapat menambah wawasan dan mempertajam ingatan. Di samping itu, kebiasaan ini juga mendatangkan manfaat kesehatan berikut ini, dilasnir dari Klik Dokter.

1. Menghilangkan stres

Rutin membaca buku ternyata dapat menurunkan tingkat stres dan membuat Anda merasa lebih rileks. Sebuah penelitian dari University of Sussex menemukan bahwa membaca buku terbukti 68% lebih efektif menghilangkan stres dibanding mendengarkan musik atau meminum secangkir teh.

2. Meningkatkan kecerdasan emosional

Sebuah studi menunjukkan, rutin membaca dapat meningkatkan kecerdasan emosi. Ini karena membaca membuat seseorang memahami berbagai hal melalui perspektif yang beragam, dan mengadopsinya menjadi motivasi diri.

Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa rangsangan mental merupakan suatu faktor yang bisa menunda timbulnya demensia. Sebab dengan membaca buku, Anda akan menciptakan simulasi mental tentang aktivitas, pemandangan dan suara-suara yang digambarkan dalam buku yang sedang dibaca.

3. Lebih memahami orang lain 

Dengan membaca buku, Anda akan memiliki kesempatan untuk ‘menenggelamkan’ diri ke dalam pemikiran dan perasaan orang lain. Hal itu dapat membuat Anda lebih mengerti dan lebih memahami orang lain. Penelitian menyebutkan bahwa hal ini dapat memperluas empati dan meningkatkan kemampuan sosial seseorang.

4. Membuat lebih bahagia

Bahagia adalah satu kunci untuk menjaga tubuh tetap sehat. Membaca buku dapat mendorong produksi hormon bahagia dari dalam diri, dan membuat Anda merasa puas.

Penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal The Journal of Comsumer Psychology menunjukkan, membaca buku-buku yang berisi kisah pengalaman hidup dapat memberikan kebahagiaan penuh bagi seseorang. (*)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.