Simple DNSCrypt, DNS Tanpa Internet Positif / Internet Sehat di Tahun 2020 !

perbandingan jika memakai dns scrypt
perbandingan jika memakai dns scrypt

Simple DNSCrypt adalah aplikasi untuk komputer Windows untuk melakukan manajemen DNSCrypt dan DNS-over-https, sehingga saat anda mengakses situs apapun, maka permintaan DNS tidak akan dibelokkan ke server ISP untuk proses pemblokiran alias “DNS tanpa internet positif “!

Apa itu DNS ?

Domain Name System ibarat buku kontak di ponsel, menerjemahkan nama orang menjadi nomor telepon. DNS menerjemahkan nama domain seperti google.com, mirzasky.com, menjadi alamat IP sehingga proses pertukaran data dapat dilakukan antara perangkat komputer, ponsel, dan sebagainya dapat berkomunikasi dengan server web, server aplikasi, basis data, server game, dan sebagainya.

Apa itu DNSCrypt ?

DNSCrypt adalah “proksi dns” yang dibuat oleh Frank Denis dan Yecheng Fu dan bersifat open-source. Beberapa tahun yang lalu saya telah membuat pos mengenai DNSCrypt baik milik OpenDNS atau Nawala, serta implementasi di Raspberry Pi. DNSCrypt adalah protokol DNS yang menggunakan enkripsi sehingga tidak dapat dimodif oleh firewall, server, atau perangkat ISP untuk keperluan blokir dan sebagainya.

Kini DNSCrypt telah mendukung DNS-over-https yang memungkinkan resolusi DNS lewat protokol HTTPS, tentunya akan lebih aman dan cepat.

Banyak server resolver publik telah mendukung DoH seperti Cloudflare DNS, Google DNS, OpenDNS, dan berbagai provider lainnya.

Tujuan Menggunakan Simple DNSCrypt

Aplikasi ini digunakan untuk mengatur dan memasang DNS yang aman secara mudah tanpa ribet, sehingga permintaan DNS dari komputer lebih aman sehingga kita dapat mengakses situs yang diblokir, misal situs-situs streaming film gratis.

Penggunaan Simple DNSCrypt untuk Alat Pengubah DNS di Komputer Windows

Aplikasi ini melakukan tugas-tugas rumit dalam melakukan implementasi DNSCrypt pada komputer, mulai memasang service, mengatur server resolver, hingga mengubah pengaturan DNS pada sistem operasi.

Dengan aplikasi ini, cukup unduh, pasang, jalankan, pilih server sesuai kebutuhan, lalu aktifkan pada jenis koneksi (adapter jaringan) dan selesai.

Download atau unduh Simple DNSCrypt

  1. Unduh dari situs resmi : SimpleDNSCrypt.org

  2. Unduh versi 0.7.1 (mirror) : Box.com

Cara Menggunakan DNSCrypt Proxy dengan Simple DNSCrypt

  1. Pasang aplikasinya, pastikan telah terinstall NET Framework di komputer anda baik Windows 7/8/8.1 atau Windows 10,

  2. Buka dengan melakukan klik ikon pada Desktop atau cari pada menu, tunggu aplikasi memuat, biasanya tidak lama,

  3. Geser/tekan ikon tuas pada “Service” untuk memasang service Windows agar proksi DNS mulai berjalan

  4. Terakhir, pada “Network Card, klik hingga berubah dari abu-abu menjadi hijau.

  5. Proses konfigurasi dasar selesai, coba lakukan tes DNS pada dnsleaktest.com, dan lihat server resolver DNS telah di layani oleh resolver DNSCrypt yang diatur oleh aplikasi ini.

configurasi simple dns scrypt
configurasi simple dns scrypt

Menggunakan Server Pilihan

Aplikasi ini memungkinkan kita untuk memilih server sesuai keinginan pada daftar yang tersedia. Misal saya ingin menggunakan server milik Cloudflare, maka pada tab resolver, saya memilih server Cloudflare. Pastikan Automatic Mode tidak aktif. Ini disarankan untuk pengguna Indonesia, untuk mengaktifkan DNS resolver milik provider yang memiliki server terdekat.

dns resolver
dns resolver

Penggunaan DNSCrypt vs Tanpa Menggunakan DNSCrypt

Tanpa menggunakan DNSCrypt, maka server penjawab DNS akan menggunakan milik ISP. Misal, saya menggunakan koneksi Telkomsel saat menulis pos ini, maka hasilnya seperti ini :

tanpa dns scrypt
tanpa dns scrypt

Jika menggunakan DNSCrypt

menggunakan DNSCrypt
menggunakan DNSCrypt

Dengan begitu, saya dapat membuka situs reddit yang sebelumnya tidak dapat saya akses.

akses-reddit
akses-reddit

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.