4 Perbedaan Resident Evil 2 Baru & Lama

Resident Evil 2 Remake memanglah sangat Viral dan menjadi favorit para gamers karena memang selain membawa kesan nostalgia. RE 2 Remake juga menyajikan nuansa baru yang tentunya memiliki pembaruan yang signifikan. Mentereng untuk dimainkan di era milenial ini. Namun, sebagian dari kita pastinya selalu membandingkan, antara versi orisinil dan versi remake nya, lalu apakah 4 Perbedaan Resident Evil 2 Baru & Lama? mari kita bahas.

Bagi pemain yang sempat bermain game ini di versi orisinilnya yaitu Resident Evil 2 yang dirilis Capcom pada tahun 1998 pastinya menyadari. Ada perbedaan alur cerita yang dikemas antara versi orisinil dan versi Remake. Jika di versi lawasnya, Cerita A dan jalan cerita atau alur yang kita ambil pastinya akan mempengaruhi jalanya cerita ke Cerita B. Contoh Cerita Leon akan mempengaruhi Cerita Claire di setiap langkah yang diambil di versi lawas.
Berbeda dengan versi Remakenya, dimana kedua cerita seakan dijadikan sama. Bahkan awalan Stage atau latar tempat ceritanya saja selalu berawal di tempat yang sama. Dan ceritanya pun terbilang sama. Sehingga banyak menimbulkan ketidak puasan bagi fans yang berharap bahwa di versi remake ini akan setidaknya sama dengan versi asli atau orisinilnya.

 

4. Kehadiran Mr.X

Hal pertama yang diharapkan banyak orang dan membuat semua orang terpana adalah kehadiran Mr.X dalam game ini. Di sektor aslinya, Mr.X atau Tyrant hanya akan muncul di cerita B dan akan memburu kita hampir sepanjang permainan. Di mana diRemake pun tidak berbeda. Kecuali dalam kisah Claire, MR. X akan dibunuh oleh G Draft 2 (Ayah Sherry William Birkin) sementara Claire membawa Sherry untuk melarikan diri di tengah permainan.

Bagian Leon berbeda, dimana Leon berhasil melarikan diri dari kantor polisi kemudian bertemu lagi di bagian drainase. Berlanjut ke kisah Ada sampai akhirnya Tyrant menjadi bos terakhir menjadi Super Tyrant yang sudah dijangkit dengan parasit baru.
Pertama kalinya kami melihat bahwa dalam cerita ke 2 atau B.

Penampilan Mr.X berjalan persis sama dengan versi aslinya. Dimana ada Scene iconic saat Mr. X mengangkat sisa-sisa helikopter yang telah jatuh sebelum mengejar kita. Dan pada titik ini, baik dari bermain di Cerita A dan Cerita B. Itu persis sama di versi Remake. Meskipun dapat dipahami dalam hal Gameplay kehadiran Mr.X membuat tekanan didalam game semakin mencekam berkat kehadiranya. Tetapi kembali lagi, hal ini sepertinya sedikit tidak masuk akal! .

Karena seharusnya Mr.X sendiri hanya hadir di cerita B dimana di versi Remake Cerita A dan B dan kehadirany Mr.X tidak ada perbedaanya, patut disayangkan.
Adapun pertanyaan apakah Mr.X yang mengejar Claire dan Leon adalah Mr.X yang sama? . Dalam cerita ini, ada penjelasan dalam cerita lama bahwa Umbrella mengirim Mr.X ke Raccoon di 6 kota berbeda. Yang “mungkin” bahwa Mr.X, keduanya mungkin berbeda.

3. Pertarungan dengan Pengguna G Virus

Salah satu masalah yang paling banyak diperdebatkan adalah bentrokan saat bertemu dengan pengguna G Virus. Yang telah muncul sejak cerita A yang harus dilawan oleh Leon dan Claire dengan G (bentuk 1) di tempat yang sama. Atau setelah mengedit puzzle pencarian koin untuk membuka jalan rahasia. Meskipun jika cerita itu relevan, harusnya kedua karakter bertemu dan melawan Wiliam di area yang berbeda.

Agar lebih sesuai dan tidak aneh jika dilihat dari segi alur cerita. 2 alur yang berbeda tetapi melawan di tempat yang sama? menjadi suatu keanehan jika dibandingkan dengan cerita aslinya. Yang juga termasuk saat kita melakukan konfrontasi di pertemuan kedua dan ketiga. (saat melawan William) Dalam versi remake hal ini berjalan sama persis, dimana berbeda dengan versi aslinya. Yang harusnya berbeda sehingga alur cerita tetap dalam koridor yang sama dan tidak melenceng.

Terutama dalam kecocokan dengan kisah akhir, dimana Claire harus melawan William dengan perubahan terakhir. (final form) Harusnya tetap ada alur yang berbeda antara Leon dan Claire agar cerita tetap terlihat rapi seperti script asli pada versi lawasnya.

2. Kematian Annette

Dalam cerita Claire, Annette akan meninggal disamping Sherry dan Claire. Saat sesudah memberikan anti virus sehingga nyawa Sherry dapat terselamatkan setelah bertarung melawan William (Bentuk G Virus). Sedangkan dalam Cerita Leon Annette. Kedapatan berhasil hidup sebelum menembakan senapan ke arah Ada wong demi menyelamatkan Vaksin virus agar tidak jatuh ke pihak yang salah setelah melawan William (Bentuk G Virus).

Berbeda dengan seharusnya, dimana cerita Claire dan Leon yang saling berkaitan dan menjadi cerita bersama. yang melalui alur cerita yang berbeda tanpa melalui cerita sama (Bertumpuk) berdasarkan 2 sudut pandang yang berbeda.

1. Kematian Ada Wong

Salah satu hal yang ditunggu sebagian banyak orang! ya Ada Wong! Kisah Ada Wong dan Leon memanglah sangat iconic. Romansa yang terajadi akibat kekacauan yang ditimbulkan Umbrella corporation memanglah menjadi salah satu bumbu dalam kisah Resident Evil 2. Namun sangat disayangkan, perbedaan yang disajikan antara versi Asli dan Remake terlihat sangat kontras. Dimana kita bisa melihat 2 video diatas dimana ada cuplikan antara versi Asli dan Remake perihal kematian Ada Wong.
Pada versi Remake, Ada ditembak oleh Annette sebelum akhirnya jatuh ke dasar fasilitas Umbrella. Sedangkan pada versi Aslinya, Ada wong terlibat pertarungan dengan Mr.X sebelum akhirnya berpisah dengan Leon.

Dari perbedaan diatas saja sudah sangat terlihat. Bahwa dalam versi Remake yang dijanjikan, ternyata masih ada kekurangan terutama dalam segi alur cerita. Dalam segi gameplay dan grafis sudah sangat jelas terlihat lebih baik. Namun kita juga tidak boleh lupa, unsur lain dalam suatu Game yang apik. Terdapat juga kejelasan dan keunikan alur cerita yang tentunya dapat memberikan pengalaman bermain yang baik dan berkesan untuk para pemain.

 

The post 4 Perbedaan Resident Evil 2 Baru & Lama appeared first on EPIC99.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.