Manfaat Buah Lemon

Manfaat Buah Lemon – Siapa yang tidak suka lemon? Jika selama ini Anda hanya mengetahui kegunaan lemon sebagai bahan minuman atau makanan, sudah saatnya Anda mengetahui khasiat lemon yang lain. Lemon ternyata mengandung nutrisi yang baik untuk kulit wajah. Ada banyak manfaat yang bisa didapat dari penggunaan lemon secara rutin.

1. Mencerahkan Wajah


Ingin wajah lebih cerah seperti artis favorit? Daripada membuang banyak uang untuk produk yang belum tentu benar khasiatnya, Anda dapat menggunakan lemon. Lemon mengandung vitamin C yang mampu membuat wajah tampak lebih cerah. Caranya sangat mudah. Potong lemon dan peras hingga keluar sari-sarinya. Tambahkan dengan madu dan air mawar agar campuran tidak terlalu kuat. Oleskan ke wajah menggunakan kuas dan diamkan selama lima belas menit. Lakukan setiap hari ya!

2. Mengurangi Jerawat di Wajah

Jerawat memang masalah yang menjengkelkan. Setiap wanita sepertinya sangat paham akan masalah ini. Selain memengaruhi penampilan, jerawat juga dapat menimbulkan infeksi atau rasa gatal. Lemon ternyata mampu membunuh bakteri dan mensterilkan jerawat. Lemon berfungsi sebagai pembunuh kuman dan jamur yang alami. Anda dapat secara langsung menggosok-gosokan lemon ke area jerawat atau menggunakanĀ cotton bud. Sebelumnya, lakukan tes terlebih dahulu di area kecil wajah seperti bagian sisi rahang.

3. Mengecilkan Pori-pori

Pori-pori besar merupakan musuh para wanita. Minyak, bakteri, dan jamur dapat dengan mudahnya masuk dan terperangkap ke dalam pori-pori yang terbuka lebar. Apalagi ditambah dengan kotoran dan debu dari polusi udara sekitar. Ternyata, lemon dapat membantu mengecilkan pori-pori jika dilakukan secara rutin setiap harinya. Caranya sangat mudah yaitu dengan menggunakan perasan air lemon sebagaiĀ toner.Ā Lakukan setelah membersihkan wajah dan bersihkan dengan air dingin setelahnya.

4. Mengontrol Minyak Berlebih

Setiap manusia memiliki kelenjar kulit yang memproduksi keringat dan minyak. Namun, ada beberapa orang yang memiliki produksi minyak lebih banyak dibanding yang lain. Minyak berlebih dapat menimbulkan jerawat jika terkontaminasi dengan kotoran. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengontrol minyak berlebih. Caranya adalah bersihkan wajah dengan air hangat, oleskan potongan lemon ke wajah dan diamkan maksimal lima belas menit, setelah itu bilas dengan air dingin. Jangan didiamkan terlalu lama karena minyak juga diperlukan untuk menjaga kelembaban kulit wajah.

5. Melembabkan Wajah

Lemon juga dapat melembabkan wajah yang kering, loh! Lemon dapat menutrisi kulit untuk membuat kulit wajah semakin lembut dan kenyal. Untuk hasil yang maksimal, lemon dapat dikombinasikan dengan bahan lain sebagai masker seperti madu, timun, dan alpukat. Campurkan ketiga bahan tersebut dengan lemon dan aduk hingga campuran rata dan kental. Diamkan beberapa saat di lemari es untuk sensasi dingin menyegarkan. Selanjutnya dapat dioleskan di wajah.

6. Menghilangkan Komedo

Kandungan asam sitrat membuat lemon sebagai anti bakteri dan anti jamur alami. Kandungan ini mampu untuk membantu menghilangkan komedo di hidung. Caranya dengan membasuh hidung dengan air panas atau di uap lalu gosokan air lemon menggunakan kapas atauĀ cotton bud. Harap menggosok dengan lembut ya untuk menghindari kulit merah, iritasi, atau terluka. Dan jangan menggosok air lemon ke kulit hidung yang luka!

7. Membantu Menghilangkan Flek Hitam


Mungkin Anda pernah mendengar suntik vitamin C yang dilakukan oleh dokter kecantikan untuk pasiennya yang ingin menghilangkan flek hitam atau bekas jerawat. Sekarang, Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Lemon pun dapat bermanfaat dalam bidang ini karena kaya akan vitamin C. Caranya adalah untuk rutin mengoleskan air lemon ke tempat-tempat flek hitam. Lakukan hal ini setiap hari sebelum tidur untuk membantu regenerasi kulit. Harap berhati-hati dalam mengoleskan lemon agar tidak tercipta flek atau bercak putih pada wajah.

8. Menangkal Radikal Bebas

Lemon tak hanya bagus untuk untuk menjaga kesehatan dan imunitas tubuh. Lemon juga mampu menjaga kesehatan kulit dengan menangkal radikal bebas yang terdapat di lingkungan sekitar Anda seperti polusi kendaraan, kotoran, dan debu. Anda dapat menggunakan lemon dengan dua cara yaitu dengan mengkonsumsi langsung atau menggunakan lemon di kulit wajah. Yang pertama adalah rutin konsumsi lemon. Yang kedua adalah gunakan air perasan lemon sebagaiĀ tonerĀ pelembab dengan cara tuang secukupnya ke tangan dan tepuk-tepuk perlahan sampai meresap.

9. Mencegah Datangnya Penyakit Kulit

Sifat anti bakteri dan anti jamur juga menjaga kebersihan kulit wajah dari berbagai bakteri dan jamur. Misalnya ketika musim hujan, seseorang akan mudah terkena jamur kulit dari penggunaan helm yang basah. Ketika kulit kotor makan kembang biak jamur akan sangat mudah. Oleh karena itu, lemon berfungsi menjaga kebersihan dan sebagai anti jamur alami. Tidak perlu lagi khawatir akan gatal-gatal, panu, atau kudis ketika hujan melanda!

10. Membersihkan Wajah dari Kotoran

Sifat anti bakteri yang dimiliki lemon sangat berguna dalam membersihkan wajah. Lemon dapat membersihkan sisa minyak berlebih dan sebum yang terperangkap dalam pori-pori wajah. Caranya adalah menggunakan lemon menjadi bagian dari proses pembersihan wajah. Anda dapat memilih sabun cuci muka yang mengandung lemon dan menggunakan lemon sebagaiĀ tonerĀ pembersih wajah. Air perasan lemon bisa ditambah air mawar dan disimpan dalam botol kecil.

Walaupun kecil, lemon memiliki manfaat yang besar untuk kulit wajah! Semua manfaat bisa didapatkan dengan penggunaan lemon yang rutin. Jangan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.