Khasiat Daun Bidara

Khasiat Daun bidara – Daun bidara berasal dari pohon bidara yang dapat bertahan di daerah kering. Walaupun tinggal di wilayah kering, tumbuhan ini tidak pernah layu, bahkan semakin lebat. Karena keunikan inilah para ilmuwan penasaran akan manfaat dari daun bidara bagi manusia. Setelah diteliti, daun ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan manusia. Berikut beberapa manfaat daun bidara bagi kecantikan dan kesehatan.

1. Menyembuhkan Luka


Luka dan pendarahan yang hebat, tentu bisa membuat tubuh terinfeksi dengan mudah. Bila kamu sering mengalami hal ini, jangan khawatir! Gunakanlah daun bidara yang sudah dibersihkan untuk menghentikan pendarahan. Tak hanya itu saja, daun bidara juga dapat membuat luka pada kulit pulih lebih cepat dan tertutup kembali dengan sempurna. Selain luka pendarahan, daun bidara juga mampu memulihkan luka bakar, karena daun ini berkhasiat untuk meregenerasi sel-sel kulit baru.

2. Menghilangkan Insomnia

Mengalami susah tidur tentunya membuat tubuh kurang bugar dan semua aktivitas penting jadi tertunda, bukan? konsumsilah daun bidara yang sudah diolah menjadi jus dan minum secara rutin, sehingga insomnia akan semakin berkurang sedikit demi sedikit. Selain meminum jus daub bidara, sebaiknya kamu juga menghindari penggunaan gadget sebelum tidur agar jus bidara yang kamu konsumsi dapat bekerja dengan baik di dalam sel tubuh.

3. Menghilangkan Jerawat

Menghabiskan banyak uang untuk memembersihkan jerawat memang cukup merugikan apalagi jika kerawat tersebut tak kunjung hilang. Kali ini, kami akan memberikan cara yang mudah dan murah namun efektif untuk membasmi jerawat yang tidak diinginkan. Cukup rendam daun bidara yang sudah dihancurkan dalam air selama beberapa jam, kemudian kompres jerawat dengan air bidara tersebut. Selain itu, kamu juga bisa membuat pasta daun bidara dengan cara menghancurkan daun sehalus mungkin dan dicampur dengan air hingga mencapai konsistensi seperti pasta. Tapi ingat, menghilangkan jerawat dengan daun bidara tidaklah instan, melainkan membutuhkan proses dan ketekunan.

4. Mencegah Kerontokan Rambut

Rambut yang tebal dan kuat merupakan impian setiap perempuan. Namun, karena kondisi cuaca, gaya hidup dan faktor umur, rambut sering mengalami kerontokan yang tidak wajar. Oleh sebab itu, rawatlah rambut dengan menggunakan daun bidara. Caranya cukup mudah, rebus daun bidara dengan air dan bubuhkan air rebusan tersebut ke kulit kepala seperti hair tonic. Selain itu, air rebusan daun bidara juga bisa dicampur dengan shampoo agar lebih praktis.

5. Meningkatkan Sistem Imun

Banyaknya kegiatan membuat tubuh menjadi cepat lelah dan stamina menurun. Menurunnya stamina merupakan salah satu pemicu utama penurunan sistem imun. Bila kamu memiliki segudang kegiatan dan mudah sekali merasa kelelahan atau sakit, sebaiknya konsumsilah daun bidara yang diolah menjadi jus atau meminum airrebusan dun tersebut. Bila merasa mengolah daun bidara cukup merepotkan, kamu juga bisa lho mengkonsumsi suplemen herbal yang mengandung daun bidara.

6. Mencegah Keputihan

Menjaga kesehatan bagian tubuh intim merupakan salah satu faktor penting agar terhindar dari penyakit, bakteri dan jamur. Salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh bagian kewanitaan adalah keputihan. Sebenarnya, keputihan adalah hal yang sangat wajar, namun pada taraf tertentu keputihan sudah menjadi sinyal bagi para perempuan jika ada sesuatu yang tak beres pada daerah kewanitaan. Untuk mengatasi berbagai masalah kewanitaan, ada baiknya kamu menggunakan air rendaman daun bidara ketika sedang membersihkan tubuh. Penggunaan daun bidara ini tak hanya membersihkan namun juga melawan jamur dan bakteri jahat yang bersarang pada bagian tubuh.

7. Mengatasi Depresi

Tuntutan hidup yang sangat tinggi membuat banyak orang rentan akan depresi. Bila kamu atau orang-orang disekitarmu memiliki gejala depresi, sebaiknya konsumsilah daun bidara. Daun bidara memang tidak bisa menyembuhkan masalah kejiwaan, namun daun herbal ini mampu menenangkan syaraf yang tegang sehingga pikiran menjadi lebih rileks. Daun bidara dapat dikonsumsi dengan cara dijus atau meminum rebusan air dari daun ini.

8. Menjaga Kesehatan Lambung

Sering mengalami masalah dengan asam lambung? Jangan khawatir, karena daun bidara bermanfaat untuk menjaga kesehatan lambung. Bila asam lambungmu sudah mulai meningkat karena penyakit maag, segeralah konsumsi daun bidara yang sudah dijus atau air rebusan daun tersebut. Selain mengandalkan daun bidara, ada baiknya bila kamu juga mengatur pola makan dengan baik supaya penyakit maag yang diderita tidak semakin parah.

9. Menurunkan Demam

Pergantian cuaca memang salah satu penyebab perubahan suhu tubuh sehingga mengalami demam. Walaupun sudah meminum obat, demam tak kunjung mereda. Jika hal ini terjadi pada kamu atau orang terkasih, jangan putus asa dahulu, karena daun bidara dapat mengatasi hal ini. Cukup konsumsi air daun bidara secara rutin dalam beberapa hari hingga suhu tubuh kembali normal dengan cara meminum air rebusannya atau diolah menjadi jus.

10. Mencegah Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit membahayakan bagi kesehatan manusia. Untuk itu, menjaga kesehatan adalah hal yang paling penting agar terhindar dari berbagai penyakit, termasuk diabetes. Untuk mencegah penyakit diabetes, daun bidaralah jawaban yang tepat. Daun bidara dapat menyeimbangkan kadar gula dalam darah, melindungi sistem tubuh dari kelainan pengaturan kadar gula serta mengatur sistem perlindungan produksi insulin. Sebaiknya konsumsi daun bidara dengan cara langsung dimakan dalam bentuk daun kering, karena manfaatnya akan lebih terasa jika dibandingkan dengan yang sudah diolah.

11. Meremajakan Kulit


Nah, siapa yang takut dengan gejala penuaan dini? Bagi kamu yang selalu khawatir dengan kerutan halus atau kulit yang semakin kering akibat pertambahan usia, daun bidaralah jawabannya! Daun bidara dapat membantu kulit dalam meregenerasi sel-sel baru, sehingga kulit yang kering, kusam dan berkerut dapat tergantikan dengan yang lebih sehat. Daun bidara bisa dijadikan sebagai masker atau kamu dapat mencuci wajah dengan air yang sudah direndam dengan daun bidara. Gunakan daun bidara secara rutin untuk hasil yang lebih maksimal.

12. Mencegah Kanker & Tumor

Tumor dan kanker merupakan penyakit yang sering diderita oleh sebagian orang. Seringkali, kedua penyakit tersebut ditemukan ketika sudah dalam stadium yang tinggi. Untuk mencegah diri dari penyakit tersebut, konsumsilah daun bidara. Daun herbal ini membantu sistem tubuh untuk menghambat serta mematikan pertumbuhan sel-sel baru tidak wajar yang menjadi penyebab utama dari kanker dan tumor.

13. Mengobati Masalah Kardiovaskuler

Selain berbagai penyakit diatas yang mampu dicegah oleh daun bidara, daun ini juga mampu mengobati
maslaah kardiovaskuler yang dialami oleh orang-orang yang kita cintai. Cara mengkonsumsinya cukup mudah, yaitu olah sebagai jus atau bisa dikonsumsi langsung. Jangan lupa untuk mengkonsumsinya secara berkala agar kesembuhan menjadi lebih maksimal.

14. Melindungi Kulit dari Sinar UV

Kulit yang terpapar sinar UV tanpa perlindungan dari sunblock akan terlihat lebih kusam, berminyak dan mudah berkerut. Selain itu, munculnya bintik-bintik hitam pada wajah menjadi salah satu efek dari kulit yang tidak terlindungi. Jika kamu mengalami hal ini, sebaiknya gunakan masker yang mengandung daun bidara agar kondisi kulit menjadi sehat seperti semula dan lebih tahan dengan kondisi cuaca apapun. Disarankan setiap 3 kali seminggu menggunakan masker ini agar hasilnya lebih maksimal.

15. Mengatasi Wasir

Manfaat terakhir yang bisa didapat dari daun bidara adalah menyembuhkan penykit wasir. Pembengkakan yang terjadi pada lubang anus ini dapat erobati dengan cara mengkonsumsi air rebusan daun bidara atau jus bidara. Selain itu, kamu juga bisa membubuhkan daun bidara langsung di daerah yang mengalami pembengkakan tersebut.

Demikianlah beberapa hal yang kamu bisa manfaatkan dari daun bidara. Dari mulai kesehatan hingga kecantikan, daun bidara merupakan solusi yang aman, terjangkau namun berkhasiat. Namun, jangan hanya mengandalkan manfaat dari daun ini, tetapi kamu juga perlu menjaga kesehatan secara keseluruhan agar terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan.

2 thoughts on “Khasiat Daun Bidara”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.