Cara Menyembuhkan Tumit Secara Alami

 

cara menyembuhkan tumit – Kaki adalah bagian tubuh yang paling sering kita gunakan sehari-hari. Oleh karena itu, sakit tumit bukanlah hal yang jarang dialami orang-orang. Nyeri yang dirasakan di bagian tumit pastinya akan sangat mengganggu karena ketika Anda berjalan, pasti akan sangat terasa. Macam-macam sakit pada tumit antara lain adalah saraf kejepit, keseleo, keausan, cederan dan lain-lain. Malah terkadang ada rasa nyeri di bagian tumit yang disebabkan oleh kondisi medis. Namun, jangan khawatir. Pada kesempatan ini kita akan membahas cara-cara untuk menyembuhkan sakit tumit. Yuk disimak!

1. Stretching

Dalam banyak kasus, melakukan stretching atau meregangkan tubuh biasanya dapat mengatasi rasa nyeri yang ada di tumit. Bahkan dengan melakukan ini, Anda bisa memperkuat otot dan sendi di kaki Anda sehingga akan mencegah terjadinya nyeri lagi. Dengan melakukan stretching, tubuh Anda juga akan terasa lebih tidak kaku sehingga Anda dapat berkativitas dengan maksimal.

2. Pijat

Cara lain yang dapat Anda coba adalah dengan memijat kaki Anda. Pijat biasanya dapat meyembuhkan berbagai macam nyeri yang terasa pada tubuh Anda, ini merupakan cara alami untuk menghilangkan rasa sakit. Jika Anda ingin menghilangkan rasa sakit dengan cepat, maka pijatlah jawabannya. Namun, Anda harus ingat bahwa pijatan bukan merupakan pengobatan untuk jangka panjang, oleh karena itu jika rasa nyeri timbul lagi dan tidak hilang-hilang, sebaiknya Anda mencari alternatif yang lain.

3. Jahe

Jahe dapat digunakan untuk mengobati rasa nyeri atau sakit tumit yang biasanya disebabkan oleh otot-otot yang tegang. Hal ini sudah dibuktikan oleh beberapa penelitian-penelitian beberapa tahun yang lalu. Pada tahun 2010, telah dibuktikan dalam sebuah jurnal berjudul Journal of Pain bahwa jahe bisa mengurangi nyeri yang terjadi pada otot, lho. Hebat sekali, ya?

4. Cabe Rawit

Tahukah Anda bahwa selain jahe, cabe rawit juga dapat membantu Anda menyembuhkan rasa sakit pada tumit? Mengejutkan memang, tetapi itulah faktanya. Ini disebabkan karena di dalam cabe rawit terkandung banyak capsaicin. Senyawa capsaicin adalah senyawa yang sangat efektif dalam menghilangkan rasa nyeri. Oleh karena itu, cabe rawit terkenal dapat menyembuhkan sakit yang disebabkan oleh ketegangan otot, serta nyeri pada pinggang dan nyeri pada sendi.

5. Es

Memakai es adalah salah satu cara yang tentunya sudah diketahui banyak orang. Cara ini biasanya dilakukan sesegera mungkin sebagai pertolongan pertama. Faktanya, mengompres tumit dengan es adalah salah satu cara yang sudah terbukti ampuh dalam menghilangkan rasa sakit, baik ditumit maupun di bagian lain. Oleh karena itu, jika tiba-tiba tumit Anda terasa sakit, Anda dapat mencoba mengompresnya dengan es terlebih dahulu sebelum mencoba alternatif lainnya.

6. Kunyit

Selain cabe rawit dan jahe, kunyit juga dapat membantu Anda menghilangkan rasa sakit yang terasa pada tumit Anda, lho. Faktanya, kunyit merupakan salah satu obet terbaik yang dapat menyembuhkan sakit tumit. Selain itu, kunyit juga termasuk bahan alami sehingga lebih tidak berbahaya bagi tubuh. Di dalam kunyit terdapat komponen bernama kurkumini. Kurkumin inilah yang berperan besar menghilangkan rasa sakit pada tumit Anda.

7. Tepung Maizena

Nah, cara alami lain yang dapat Anda coba adalah dengan menggunakan tepung maizena. Tepung maizena juga merupakan salah satu cara alami yang sudah terbukti dapat menyembuhkan sakit tumit, lho. Caranya sangat sederhana, Anda hanya perlu mengoleskan atau membalurkan tepung maizena ke bagian tumit yang sakit kemudian biaskan selama beberapa menit. Namun, jangan menggunakan tepung maizena yang panas, ya. Dengan melakukan hal ini, Anda dapat mengurangi rasa sakit yang Anda alami.

8. Air Garam

Cara lain yang dapat Anda coba adalah dengan merendam kaki Anda ke dalam air garam. Merendam kaki Anda pada air garam terbukti dapat meredakan nyeri yang terjadi pada tumit Anda. Ini disebabkan karena kandungan kristal sulfat magnesium yang terdapat pada air garam. Kandungan inilah yang ampuh mengurangi dan menghilangkan rasa sakit. Selain itu, air garam juga dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan yang terjadi.

9. Asparagus

Tahukah Anda bahwa Anda dapat menggunakan asparagus untuk mengobati rasa sakit yang terasa pada tumit Anda? Ya, asparagus merupakan salah satu cara yang dapat Anda coba jika nyeri yang Anda rasakan ada hubungannya dengan endema. Anda hanya perlu mengasapi asparagus selama beberapa menit, kemudian makanlah asparagus tersebut. Dengan melakukan ini, dijamin rasa sakit akan berangsur-angsur berkurang.

10. Alkali

Selain mengonsumsi asparagus yang telah diasapi, Anda juga dapat mengonsumsi makanan lainnya yang kaya akan kandungan alkali untuk mengobati rasa nyeri pada tumit. Namun, Anda harus pastikan bahwa kandungan alkalinya seimbang. Faktanya, makanan alkali berkhasiat untuk mempertahankan kadar pH di dalam tubuh, sehingga kadar pH Anda tepat dan seimbang. Kadar pH yang seimbang dapat mengurangi terjadinnya penumpukan kalsium, serta peradangan.

11. Minyak Ikan

Tahukah Anda bahwa Anda juga dapat menggunakan minyak ikan untuk megobati sakit tumit? Biasanya, jika sakit tumit disebabkan oleh taji tulang atau arthritis maka minyak ikan adalah jalan keluar Anda. Ini disebabkan karena kandungan asam lemak omega 3 dan eicosapentaenoic yang ada di dalam minyak ikan. Kandungan-kandungan inilah yang efektif dalam mengobati rasa nyeri. Oleh karena itu, cobalah konsumsi minyak ikan.

12. Cuka Sari Apel

Selain minyak ikan dan asparagus, ternyata cuka sari apel juga dapat membantu Anda mengobati tumit yang sakit, lho. Cuka sari apel dapat memgobati tumit yang sakit karena sifat anti inflamasi dan antioksidan yang dimilikinya. Sifat-sifat inilah yang membuat cuka sari apel menjadi salah satu alternatif alami yang paling efektif dalam mengobati rasa nyeri yang terasa pada tumit. Silahkan dicoba!

13. Magnesium

Cara lain yang dapat Anda coba untuk mengobati tumit yang sakit adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan magnesium. Ini karena faktanya, magnesium adalah kandungan mineral yang sangat penting bagi pembentukkan tulang. Magnesium juga dapat memaksimalkan fungsi kalsium. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi makanan berkandungan magnesium, Anda dapat mengobati rasa sakit yang ada pada tumit Anda.

14. Minyak Cengkeh

Selain magnesium dan cuka sari apel, ternyata minyak cengkeh juga merupakan salah satu alternatif yang dapat Anda coba untuk mengobati sakit tumit, lho. Faktanya, minyak cengkeh sudah terbukti efektif dalam mengobati masalah sendi, jamur pada kaki dan sakit kepala. Selain itu minyak cengkeh juga dapat melancarkan peredaran darah. Cara menggunakannya mudah, Anda hanya perlu memijit bagian yang sakit dengan minyak cengkeh, maka rasa sakitnya akan berangsur-angsur berkurang.

15. Biji Sesawi

Biji Sesawi

Selain minyak cengkeh, magnesium dan cuka sari apel, alternatif terakhir yang dapat Anda coba adalah dengan menggunakan biji sesawi/biji mostar. Tahukah Anda bahwa biji sesawi sebenarnya efektif dalam mengobati rasa sakit pada kaki? Ini karena biji-biji tersebut membantu proses eksresi air di dalam tubuh, serta mengurangi inflamasi dan melancarkan peredaran darah sehingga dapat mengurangi rasa sakit dan bengkak yang terjadi di tumit Anda.

Itulah 15 cara menyembuhkan sakit tumit yang bisa Anda lakukan. Selamat mencoba!

2 thoughts on “Cara Menyembuhkan Tumit Secara Alami”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.