Cara Mengatasi Cegukan

cara mengatasi cegukan – Apa Anda sering mengalami cegukan? Cegukan terkadang bisa sangat menggangu bila tidak ditangani dengan cepat. Beberapa faktor yang menyebabkan cegukan diantaranya makan terlalu banyak dan tergesa-gesa atau konsumsi minuman alkohol berlebih, bahkan pada beberapa kasus tertentu cegukan merupakan gejala penyakit serius seperti stroke atau tumor otak. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini beberapa cara berikut tips untuk menghilangkan cegukan ringan dengan mudah dan cepat.

1. Minum Air Putih

Minum air putih adalah cara paling umum dan paling sering dilakukan untuk mengatasi cegukan. Minum air putih bisa membantu mengeluarkan gas-gas yang terperangkap dalam diafragma yang biasanya menjadi penyebab utama cegukan ringan. Minumlah air putih secara perlahan saat Anda mengalami cegukan. Ada baiknya juga Anda minum air putih hangat untuk memudahkan pengeluaran gas dan menormalkan otot-otot diafragma agar tidak kembali kejang.

2. Minta Seseorang Mengejutkan Anda

Efek kaget dipercaya dapat membuat cegukan berhenti seketika. Mungkin terdengar sedikit aneh, tapi ternyata cara ini juga sering kali berhasil saat dipraktikan. Saat Anda terkejut, siklus napas Anda akan berubah dan otot-otot diafragma otomatis akan ikut tersentak. Selain itu, rasa terkejut juga dapat merangsang beberapa saraf di otak yang mempengaruhi cara kerja diafragma.

3. Menahan Napas

Menahan napas tentunya akan meningkatkan kadar karbondioksida dalam darah. Meningkatnya kadar karbondioksida dapat membantu menghilangkan cegukan. Anda bisa menahan napas melalui hidung atau mulut selama beberapa detik. Setelah Anda merasa udara sudah memenuhi paru-paru, dan otot-otot diafragma mengembang, kemudian hembuskan napas dengan perlahan. Lakukan ini beberapa kali sampai cegukan benar-benar berhenti.

4. Menelan Ludah

Cara yang satu ini juga cukup efektif untuk menghilangkan cegukan apabila dilakukan berulang-ulang. Anda bisa mencoba menelan ludah sambil menahan napas untuk menghindari masuknya oksigen kedalam paru-paru, dan menghentikan kerja diafragma sementara. Menelan ludah membantu otot-otot diafragma yang kejang menjadi longgar. Awalnya mungkin terasa agak sulit, tapi cobalah untuk melakukannya selama beberapa detik hingga cegukan berhenti.

5. Bernafas Dalam Kantong Kertas/Plastik

Anda bisa mengambil sebuah kantong kertas dan mulai bernafas didalamnya. Hal ini dilakukan untuk memerangkap karbondioksida disuatu tempat. Tariklah napas dengan perlahan, kemudian hembuskan kembali kedalam kantong. Karbondioksida yang dikeluarkan ke dalam kantong akan terhirup kembali sehingga akan menekan aktifitas syaraf di otak yang menyebabkan cegukan. Cara ini juga terbukti cukup efektif untuk menghilangkan cegukan.

6. Menekan Hidung

 

Cara ini sangat mudah, dan juga terbukti cukup cepat untuk menghilangkan cegukan dalam banyak kasus. Tekan hidung Anda selama beberapa detik dengan satu tangan. Tujuannya sama dengan menahan napas, yaitu untuk mencegah oksigen masuk sementara kedalam paru-paru. Dengan cara ini karbondioksida akan terakumulasi di paru-paru dan secara otomatis diafragma akan mengembang. Anda juga bisa melakukannya sambil menelan ludah.

7. Makan

Yang membantu menghilangkan cegukan sebetulnya adalah ketika ada menelan makanan. Saat Anda menelan makanan otot-otot pada kerongkongan secara otomatis bekerja mendorong makanan ke saluran cerna. Proses menelan dan mendorong makanan ini akan mempengaruhi kinerja diafragma yang tidak teratur agar kembali normal. Ada beberapa yang menyarankan untuk makan selai kacang, roti kering, atau gula pasir untuk menghilangkan cegukan. Tapi sebetulnya Anda bisa makan makanan apapun yang bertekstur.

8. Mandi Dan Keramas

Anda sudah pernah mencoba cara yang satu ini? Mandi dan keramas dapat membantu melancarkan peredaran darah di kepala dan tubuh Anda serta melonggarkan otot-otot diafragma yang tegang. Anda bisa menghilangkan cegukan dengan mandi air hangat atau dingin. Namun, beberapa mengklaim mandi dengan air hangat justru jauh lebih efektif untuk menghilangkan cegukan daripada mandi dengan air dingin, karena air hangat membuat tubuh Anda jauh lebih rileks.

9. Berbaring

Berbaring juga bisa meningkatkan kadar karbondioksida dalam darah. Anda bisa berbaring sambil menekuk lutut Anda ke perut selama beberapa menit. Cara ini dipercaya dapat menghilangkan cegukan dengan cepat. Saat Anda berbaring dalam posisi ini, otot-otot diafragma yang kejang akan ikut rileks. Lakukan pula teknik ini selama beberapa kali sampai cegukan Anda benar-benar hilang.

10. Menggigit Lemon

Cara yang terkahir ini sebetulnya jarang digunakan, tapi tidak ada salahnya untuk Anda coba jika beberapa cara sebelumnya tidak berhasil. Kadar asam tinggi dalam lemon dipercaya mampu mengurangi cegukan, karena efek asam yang dirasakan pada lidah akan membuat kita agak terkejut kemudian menstimulasi otot-otot diafragma. Cara lain juga bisa Anda lakukan dengan minum perasan lemon.

Nah, demikian beberapa tips untuk mengatasi cegukan dengan mudah dan cepat. Apabila cegukan Anda tidak juga berhenti setelah melakukan beberapa cara di atas, sebaiknya Anda segera berkunjung ke dokter, karena bisa jadi ada masalah kesehatan yang lebih serius yang menyebabkan cegukan Anda.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.