Manfaat Jitu Jambu Untuk Kesehatan

manfaat jitu jambu – Siapa yang tidak tahu buah jambu? Buah yang memiliki rasa manis dan tekstur yang lembut ini dikenal karena khasiatnya mengatasi penyakit demam berdarah. Tapi ternyata, selain mengatasi demam berdarah, jambu juga memiliki banyak manfaat lainnya untuk kesehatan dan bahkan kecantikan. Yuk, simak 15 manfaat jambu untuk kesehatan dan kecantikan berikut:

1. Menjaga sistem imun

Jika bicara soal vitamin C, biasanya jeruk adalah buah yang paling sering disebut. Tapi jangan salah, buah jambu justru mengandung vitamin C empat kali lebih banyak dibandingkan jeruk. Kandungan vitamin C yang tinggi membuat buah jambu ampuh meningkatkan sistem imun, melawan infeksi, dan melindungi tubuh dari penyakit-penyakit seperti batuk dan pilek.

2. Kurangi risiko kanker

Jambu merupakan sumber antioksidan yang cukup baik untuk tubuh. Berbagai macam kandungan dalam buah jambu, seperti likopen, kuersetin, vitamin C dan polifenol lainnya bekerja sebagai antioksidan dalam tubuh dan menetralkan radikal bebas penyebab kanker serta melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Buah jambu yang dikonsumsi dengan rutin terbukti mencegah perkembangan kanker payudara, kanker prostat, dan kanker mulut.

3. Menjaga kesehatan jantung

Berdasarkan penelitian, konsumsi rutin buah jambu mampu menurunkan tekanan darah dan lemak darah. Hal ini disebabkan kandungan potassium, serat, dan vitamin C dalam buah jambu. Potasium berfungsi menjaga denyut jantung agar tetap normal dan mengontrol tekanan darah yang tinggi. Sementara vitamin C berguna untuk mejaga pembuluh darah agar tetap sehat.

4. Mengurangi stres

Jambu ternyata juga punya khasiat untuk mengatasi stres. Hal ini disebabkan karena kandungan magnesiumnya yang tinggi, sehingga bermanfaat untuk mengurangi stres dengan cara merilekskan otot dan saraf di dalam tubuh. Maka dari itu, jambu sangat cocok dikonsumsi setelah seharian lelah bekerja atau setelah berolahraga agar tubuh lebih rileks dan juga mendapat energi.

5. Menjaga kesehatan otak

Otak merupakan salah satu organ yang paling penting di dalam tubuh. Salah satu cara mengajaganya agar tetap sehat adalah dengan rajin mengonsumsi buah jambu. Jambu mampu menstimulasi fungsi kognitif otak dan mempertajam fokus. Kandungan vitamin C dan antioksidannya juga membantu menutrisi otak, selain itu kandungan vitamin B6 dan B3 dalam buah jambu membantu meningkatkan sirkulasi darah ke otak.

6. Membantu mengurangi berat badan

Sedang diet? Buah jambu bisa jadi pilihan makanan camilan yang tepat. Tanpa mengurangi asupan protein, vitamin, dan serat, buah jambu membantu mempercepat proses metabolisme tubuh. Buah jambu juga tidak terlalu banyak mengandung gula dibandingkan dengan buah lainnya seperti apel, jeruk, dan anggur. Selain itu, buah jambu juga tidak mengandung kolesterol dan hanya sedikit karbohidrat.

Tapi karena kandungannya yang kaya akan nutrisi, buah jambu juga bisa loh membantu anda yang ingin menaikkan berat badan. Pasalnya, buah jambu juga membantu tubuh menyerap nutrisi dengan baik.

7. Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Daun jambu memiliki fungsi anti-plak yang mencegah timbulnya plak gigi. Selain itu, karena kemampuannya sebagai anti-radang, daun jambu juga ampuh mengatasi radang gusi. Cara menggunakannya juga mudah, cukup kunyah satu atau dua lembar daun jambu setiap hari, atau dengan membuat obat kumur dari daun jambu. Caranya dengan merebus lima sampai enam lembar daun jambu hingga mendidih, biarkan hingga dingin lalu tambahkan garam secukupnya. Gunakan obat kumur ini satu atau dua kali sehari.

8. Mengurangi kerontokan rambut

Untuk mengurangi kerontokan rambut, selain mengonsumsi buah jambu, anda juga bisa memanfaatkan daun jambu. Caranya dengan merebus daun jambu dan biarkan mendidih selama 20 menit, lalu tiriskan dan biarkan hingga mendingin. Gunakan air rebusan tersebut setelah keramas dengan keadaan rambut setengah kering. Oleskan ke kulit kepala dan pijat selama kurang lebih sepuluh menit, lalu bilas dengan air hangat. Gunakan dua sampai tiga kali seminggu untuk hasil yang memuaskan.

9. Menjaga kesehatan mata

Gejala berbagai penyakit mata seperti katarak, degenerasi makula, dan rabun senja yang biasanya muncul karena penuaan bisa diperlambat dan dicegah dengan rajin mengonsumsi jambu. Walaupun tidak sebanyak wortel, kandungan vitamin A di dalam buah jambu juga cukup tinggi loh. Jambu bisa dijadikan selingan untuk menjaga asupan vitamin A untuk tubuh.

10. Menutrisi janin

Karena kandungan asam folat dan vitamin B9, buah jambu juga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil, terutama untuk perkembangan janinnya. Asam folat dan vitamin B9 dapat membantu perkembangan sistem saraf janin dan melindungi janin dari kemungkinan mengalami kelainan neurologis. Walau sangat bermanfaat, tapi tetap harus hati-hati saat mengonsumsinya. Jangan konsumsi jambu secara berlebihan karena justru bisa menyebabkan diare.

11. Atasi sembelit

Sering alami sembelit atau konstipasi? Mengonsumsi buah jambu bisa menjadi solusi yang tepat untuk Anda. Sembelit biasanya terjadi karena kekurangan serat, dan buah jambu punya kandungan serat yang cukup banyak. Satu buah jambu saja mampu memenuhi 12% jumlah asupan serat yang direkomendasikan dalam sehari. Selain itu, biji jambu juga berfungsi sebagai laksatif yang baik.

12. Mengobati diare

Bukan cuma mengatasi sembelit, ternyata jambu juga ampuh mengatasi diare, terutama untuk diare yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Bedanya, untuk mengatasi diare yang digunakan bukanlah buah jambu melainkan daunnya. Jika sedang mengalami diare, minumlah teh daun jambu untuk mengurangi intensitas buang air besar, meredakan sakit perut, dan juga mempercepat penyembuhan.

13. Mengatasi nyeri haid

Nyeri haid memang sangat tidak nyaman dan menganggu kegiatan sehari-hari. Apalagi jika sedang sakit-sakitnya, rasanya beranjak dari tempat tidur saja sulit sekali. Nah salah satu solusinya adalah dengan minum ekstrak daun jambu. Berdasarkan penelitian, mengonsumsi enam miligram ekstrak daun jambu setiap hari terbukti mengurang nyeri haid secara signifikan. Malah bisa dibilang ekstrak daun jambu ini lebih ampuh dibandingkan dengan obat pereda nyeri.

14. Mencerahkan kulit

Buah jambu bisa dijadikan masker dan scrub untuk mencerahkan kulit. Caranya mudah, campurkan buah jambu dengan kuning telur, tumbuk hingga halus lalu oleskan ke wajah secara merata. Diamkan selama dua puluh menit dan bilaslah dengan air hangat. Gunakan rutin dua kali seminggu untuk mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit. Kandungan vitamin K dalam buah jambu juga membantu meratakan warna kulit, menghilangkan kemerahan dan jerawat.

15. Mencegah penuaan dini

Gejala penuaan dini seperti kulit yang kering, keriput, dan kusam biasanya disebabkan karena radikal bebas. Seperti yang disebutkan sebelumnya, buah jambu mengandung banyak antioksidan seperti karoten dan likopen yang mampu menetralkan radikal bebas dalam tubuh dan mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini. Selain itu, kandungan berbagai vitaminnya yang tinggi juga membantu menutrisi kulit dari dalam.

Itu dia 15 manfaat jambu untuk kesehatan dan kecantikan. Untuk mendapatkan manfaatnya, jangan lupa untuk secara rutin mengonsumsi buah jambu, ya!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.