Manfaat Daun Genjer Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Daun Genjer – Tanaman rawa yang banyak dijumpai di perairan dangkal, seperti sawah-sawah. Genjer banyak diolah menjadi sayuran untuk konsumsi sehari-hari atau tambahan olahan makanan lainnya. Namun ternyata, tanaman rawa ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan juga kecantikan. Yuk langsung saja intip berbagai manfaatnya dibawah ini!

1. Menambah Nafsu Makan

Jika Anda sedang merasa tidak nafsu makan, mengkonsumsi sayur genjer bisa menjadi salah satu solusi. Sayur genjer memiliki manfaat yang dapat menimbulkan dan meningkatkan nafsu makan Anda,  dan tentunya menyehatkan. Anda dapat mengkonsumsi sayur genjer dengan cara mengkukusnya setelah dicuci bersih. Atau Anda dapat memakannya sebagai lalapan ditemani sambal dan ikan asin. Sangat sedap, bukan?

2. Mengatasi Anemia

 

Sayur genjer mengandung zat besi tinggi yang berperan penting dalam pembentukan sel-sel darah merah. Hal ini membuat sayur genjer menjadi salah satu makanan sehat yang dapat mengatasi anemia atau kekurangan darah. Zat besi dalam sayur genjer juga bermanfaat untuk memperbaiki sel-sel darah merah sehingga aliran darah pun menjadi lebih lancar dan terhindar dari berbagai penyakit.

3. Berperan Sebagai Antibiotik

Selain bermanfaat untuk mengatasi anemia, sayur genjer ternyata memiliki khasiat sebagai antibiotik bagi tubuh. Antibiotik ini sangat berguna untuk melawan berbagai kuman dan bakteri penyebab penyakit yang membahayakan tubuh. Kandungan flovanoid dan vitamin C tinggi dalam genjer yang membuat sayuran ini memiliki kemampuan sebagai antibiotik alami. Dengan begitu, Anda dapat terhindar dari berbagai bakteri jahat yang mengancam kesehatan.

4. Meremajakan Sel-Sel Tubuh

Tubuh manusia terdiri dari ribuan bahkan jutaan sel yang berperan membuat tubuh kita bekerja dan berjalan sebagaimana mestinya. Ketika sel-sel tubuh kita rusak, maka akan terjadi ketidakseimbangan dalam tubuh karena ada bagian-bagian tertentu yang tidak berjalan. Hal ini membuat organ tubuh tidak dapat bekerja, bahkan membuat tubuh rentan terkena penyakit. Anda dapat menghindari hal tersebut dengan mengkonsumsi sayur genjer secara rutin, karena genjer mengandung protein tinggi yang berfungsi meremajakan sel-sel tubuh yang rusak dan tidak berfungsi.

5. Menyembuhkan Luka

Selain bermanfaat untuk meremajakan sel-sel tubuh, sayur genjer juga ternyata dapat berkhasiat dalam proses penyembuhan luka. Kandungan zat besi dalam genjer membuat sayuran ini dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Anda dapat membalurkan daun genjer yang sudah ditumbuk halus ke bagian tubuh yang terluka, dan tentunya sudah dicuci bersih sebelumnya. Namun jika luka Anda tidak kunjung membaik setelah beberapa hari, Anda perlu berkonsultasi pada dokter, ya!

6. Menyehatkan Kulit

Seperti halnya kesehatan tubuh manusia secara keseluruhan, kesehatan kulit juga sangat penting untuk diperhatikan. Kesehatan kulit menjadi hal yang patut diperhatikan terutama oleh kaum wanita, karena ancaman penuaan dini, keriput pada wajah, dan lain sebagainya. Kesehatan kulit dapat dijaga sedari sekarang dengan mengkonsumsi asupan kaya gizi, salah satunya adalah sayur genjer. Kandungan berbagai zat bergizi dalam sayur genjer akan menyehatkan dan menghindari dari berbagai resiko kerusakan kulit.

7. Menyehatkan Gigi

Gigi mungkin bagian tubuh yang tidak begitu terlihat dan sering disepelekan keberadaannya, namun sebenarnya memiliki peranan yang sangat penting. Jika Anda pernah mengalami sakit gigi, Anda tentu tahu bagaimana rasa sakit dan menderitanya ketika gigi bermasalah. Tak jarang, sakit gigi berimbas juga kepada saraf-saraf kepala yang akan membuat sakit kepala tak tertahankan. Untuk menghindari hal tersebut, Anda perlu menjaga kesehatan gigi salah satunya dengan rajin mengkonsumsi genjer. Daun genjer mengandung kalsium alami yang sangat baik untuk kesehatan gigi dan mulut Anda.

8. Mengatasi Keracunan Jengkol

Jengkol sebenarnya bukanlah makanan yang beracun, namun jika dikonsumsi secara berlebihan atau cara pengolahannya yang tidak benar maka akan dapat menimbulkan keracunan jengkol. Keracunan jengkol atau yang biasa disebut kejengkolan ini dapat diatasi dengan memakan daun genjer sebagai lalapan. Namun jika gejala semakin memburuk, Anda perlu berkonsultasi kepada dokter, ya. Untuk menghindari terjadi kejengkolan lagi Anda perlu juga memperhatikan kebersihan jengkol serta cara pengolahannya yang benar, yaitu direbus terlebih dahulu selama kurang lebih 7 jam.

9. Menguatkan Tulang


Sayur genjer ternyata mengandung zat kalsium dan fosfor tinggi yang sangat baik untuk kesehatan dan kekuatan tulang. Kandungan tersebut sangat baik dikonsumsi sedari dini, karena merupakan zat yang dibutuhkan dalam pertumbuhan tulang anak. Namun bukan hanya anak-anak, Anda juga dapat mengkonsumsi genjer secara rutin untuk mendapatkan tulang yang kuat serta terhindar dari resiko penyakit osteoporosis.

10. Nutrisi Bagi Ibu Hamil

Ibu hamil tentunya membutuhkan berbagai asupan bergizi dan alami, karena apa yang dimakannya bukan saja untuk dirinya sendiri namun juga untuk pertumbuhan janin yang ada dalam rahimnya. Sayur genjer dapat menjadi salah satu pilihan asupan nutrisi untuk ibu hamil karena berbagai kandungan bergizi yang ada di dalamnya. Terutama kandungan protein pada genjer yang dapat membantu proses pembentukan sel-sel otot pada janin serta menambah asupan energi bagi ibu hamil.

11. Melancarkan Pencernaan

Sayur genjer merupakan salah satu sayuran kaya serat yang sangat berguna dalam melancarkan proses pencernaan tubuh. Mengkonsumsi genjer secara rutin membuat berbagai kotoran dan bakteri yang mengendap dalam usus dapat terbuang serta organ pencernaan pun bekerja lebih baik. Selain itu, sayur genjer juga berkhasiat untuk mengatasi masalah sembelit dan mencegah sembelit datang lagi.

12. Menurunkan Kadar Gula Darah

Kandungan gizi dalam sayur genjer ternyata berkhasiat dalam menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Hal ini sangat baik dikonsumsi oleh Anda yang menderita hiperglikemia atau kondisi dimana kadar gula darah yang melebihi batas normal. Selain itu, genjer juga sangat baik bagi penderita hiperlipidemia atau penyakit yang diakibatkan adanya peningkatan kadar lemak dalam darah. Hal ini karena genjer yang mengandung vitamin C tinggi dapat mengikat lemak berbahaya atau lemak jenuh yang kemudian dibuang dari dalam tubuh.

13. Menjadi Sumber Energi

Tuntutan kehidupan masa kini membuat kita harus bergerak dan beraktivitas lebih banyak dari sebelumnya. Terlebih lagi bagi Anda yang terbiasa bekerja keras dan memiliki berbagai pekerjaan yang harus diselesaikan dalam waktu yang terbatas. Kalau sudah begitu, tubuh tentunya butuh cadangan energi yang lebih supaya aktivitas dan kegiatan tetap berjalan dengan lancar. Sayur genjer dapat menjadi alternatif makanan yang menambahkan sumber energi untuk tubuh karena mengandung berbagai vitamin dan mineral bergizi.

14. Mencegah Penyakit Kanker Kolon

Pernahkah Anda mendengar tentang kanker kolon? Kanker kolon adalah nama lain dari kanker usus besar, yang sesuai namanya kanker ini menyerang bagian usus besar pada tubuh manusia. Kanker kolon diawali dengan adanya gumpalan-gumpalan pada usus besar, dan sering ditandai dengan sakit perut yang teramat sangat. Kanker ini memang banyak menyerang orang-orang pada usia lanjut, namun tidak ada salahnya jika Anda berjaga-jaga untuk menghindari penyakit ini. Dengan mengkonsumsi sayur genjer secara rutin, Anda dapat mencegah datangnya kanker kolon.

15. Nutrisi Bagi Wanita Menopouse

Wanita yang sudah mengalami masa menopouse tentunya membutuhkan asupan makanan yang bergizi untuk kesehatan tubuhnya. Sayur genjer merupakan salah satu sayuran hijau yang dapat memenuhi kebutuhan gizi wanita menopouse, terutama karena kandungan kalsium dan fosfor yang ada di dalamnya. Kandungan tersebut juga dapat memperkuat dan menyehatkan tulang sehingga bisa mengatasi permasalahan tulang atau osteoporosis yang terjadi pada wanita menopouse.

Itulah beberapa manfaat sayur genjer yang berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan Anda. Siapa sangka kalau tanaman rawa ini memberikan berbagai manfaat yang besar? Dengan mengkonsumsi sayur genjer, Anda juga dapat membiasakan diri dengan pola hidup sehat. Jangan lupa juga untuk mengimbangi pola hidup sehat Anda dengan olahraga yang teratur dan istirahat yang cukup, ya. Let’s live healthy and happily!

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.