penyebab kanker pada manusia

Penyebab kanker pada manusia

kanker
penyebab kanker

penyebab kanker Dunia memerangi kanker setiap 4 Februari dalam Hari Kanker Sedunia. Penyakit kanker masih menjadi ancaman yang mengerikan. Apalagi di zaman modern saat ini, gaya hidup tak sehat meningkatkan angka statistik penderita kanker.

Kenaikan terjadi pada penderita kanker payudara, kanker paru-paru, kanker prostat, kanker usus besar, kanker kandung kemih, kanker kulit, kanker ginjal, kanker endometrium dan kanker pankreas.

Dilansir dari Boldsky, Minggu (4/2), kanker adalah penyebab utama kematian kedua di dunia dan bertanggung jawab atas 8,8 juta kematian di 2015. Sekitar sepertiga kematian akibat kanker disebabkan risiko perilaku dan pola makan yang buruk, termasuk indeks massa tubuh yang kegemukan. Kurangnya aktivitas fisik, merokok dan terlalu banyak alkohol menjadi faktor pemicu lainnya. Maka, ada beberapa kebiasaan buruk lainnya yang bisa saja berpotensi menimbulkanĀ sel kanker.

AC

AC di rumah sebaiknya rutin dibersihkan. Sebab sirkulasi udara yang buruk bisa membuat kondisi di rumah tak sehat.

Minuman Beralkohol

Konsumsi alkohol telah terbukti dapat meningkatkan risiko kanker. Sebuah studi mencatat bahwa minum alkohol dua kali sehari dapat meningkatkan risiko kanker kerongkongan, kanker usus besar, kanker rektum dan kanker payudara. Alkohol meningkatkan produksi asam lambung yang dapat membahayakan lapisan saluran cerna.

Belum Melahirkan

Wanita yang tidak memiliki anak atau tidak dapat melahirkan anak memiliki risiko terkena kanker payudara.

Lilin

Penelitian terbaru mengatakan bahwa asap yang dilepaskan dari lilin mengandung karsinogen dan komponen bahan bakar fosil lainnya. Lilin dapat menjadi pembunuh jika secara teratur dinyalakan saat makan malam.

Asap Mobil

Orang yang sering terpapar bahan bakar diesel memiliki risiko kanker paru-paru dan penyakit pernapasan lainnya. Diesel dan bensin (bensin) melepaskan karbon monoksida dan hidrokarbon beracun, termasuk bensin.

Kosmetik

Kosmetik mengandung bahan kimia tertentu yang jika sembarangan kandungannya meningkatkan risiko kanker.

Makanan yang Dibakar

Jika memanggang makanan seperti ikan, ayam dan daging, maka lebih biaa meningkatkan risiko kanker perut, usus besar dan pankreas.

Makanan Kaleng

Makanan kaleng tidak sehat dan berbahaya karena makanan disegel dalam wadah logam yang dilapisi dengan lapisan plastik yang penuh dengan bahan kimia berbahaya. Makanan kalengan ini saat dikonsumsi menyebabkan gangguan hormon dan perubahan DNA yang berakibat pada kanker payudara.

Soda

Soda mengandung pemanis buatan yang dapat meningkatkan risiko kanker pankreas dan jenis kanker lainnya. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kebanyakan konsumsi soda juga menyebabkan kanker kandung kemih dan tumor otak.

Tabir Surya

Saat ke luar ruangan dan terpapar sinar mentari sebaiknya jangan lupa menggunakan tabir surya untuk menghindari risiko kanker kulit.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.