Cara Mengobati Sakit Gigi

cara mengobati sakit gigi
cara mengobati sakit gigi

cara mengobati sakit gigi – Sakit gigi adalah rasa sakit pada gigi, rahang dan daerah sekitarnya – yang biasanya disebabkan oleh kerusakan gigi. Kita bisa merasakan sakit gigi dalam berbagai cara. Sakit gigi ini kadang muncul dan hilang atau bisa juga bertahan. Makan ataupun minum dapat membuat rasa sakit lebih buruk, terutama jika makanan atau minuman panas atau dingin.

Rasa sakit yang dirasakan kadang ringan kadang berat, akan terasa seperti menusuk dan timbul secara tiba-tiba. Sakit gigi bisa lebih parah pada malam hari, terutama ketika kita sedang berbaring. Gigi berlubang dan rusak bisa menjadi penyebab dimulainya rasa sakit gigi ini. Kadang-kadang sulit untuk membedakan apakah rasa sakit berasal dari gigi atas atau bawah. Ketika sakit berasal dari gigi geraham bawah, nyeri sering terasa seperti berasal dari telinga. Tetapi jika sakit berasal dari geraham atas, nyeri terasa berasal dari sinus (rongga kecil berisi udara di balik tulang pipi dan dahi).

Daerah rahang di sekitar gigi yang sakit bisa juga membengkak dan lunak jika disentuh. Ini mungkin juga disebabkan oleh penyakit periodontal yang menimbulkan efek mati rasa. Penyakit periodontal adalah infeksi bakteri yang mempengaruhi struktur lunak dan keras yang mendukung gigi.

Beberapa obat sakit gigi paling cepat dan mudah adalah:

1. Obat penghilang rasa sakit.

Obat sakit gigi paling cepat dan mudah adalah menggunakan obat penghilang rasa sakit. Obat non-steroid anti-inflammatory (NSAID) seperti Aspirin dan Ibuprofen, yang dapat meredakan sakit dengan cepat dan efektif untuk sakit gigi yang ringan. Sakit gigi yang berdenyut dapat menghambat kemampuan kita untuk makan, berbicara, dan tidur. Akan lebih sulit untuk mengobati sakit gigi ketika gigi kita sedang sakit berdenyut, sehingga dengan bantuan dari obat penghilang rasa sakit dapat sangat membantu. Gunakanlah sesuai dosis yang dianjurkan / yang tercetak pada kertas keterangan obat, atau dosis yang dianjurkan oleh dokter Anda

2. Menggunakan kompres dingin.

Isi bongkahan kecil es batu kedalam kantong plastik, lalu bungkuslah dengan kain atau handuk tipis untuk membuat kompres dingin, dan tempelkan kompres tersebut di area rahang dekat gigi yang sakit. Suhu dingin akan membantu meringankan rasa sakit. Jangan memasukkan es langsung ke gigi. Hal ini akan meningkatkan rasa sakit karena karena sakit gigi yang meradang atau membengkak seringkali sangat sensitif terhadap suhu panas atau dingin.

Penyebab dan obat sakit gigi berlubang

Gigi berlubang adalah akibat dari kerusakan gigi. Kerusakan gigi dapat disebabkan oleh pembusukan lapisan luar gigi (disebut enamel) dan lapisan dalam gigi (disebut dentin).

Apa yang menjadi penyebab sakit gigi berlubang?

Ketika makan makanan ber-karbohidrat seperti roti, sereal, susu, soda, buah, kue, atau permen menempel pada gigi Anda, bakteri di mulut Anda mengubahnya menjadi asam. Bakteri, asam, sisa-sisa makanan, dan air liur Anda yang bercampur akan membentuk plak, yang menempel pada gigi. Asam dalam plak tersebutlah yang melarutkan enamel, membuat lubang pada gigi dan menjadi penyebab sakit gigi berlubang.

Siapa saja yang bisa mempunyai gigi berlubang?

Banyak orang berpikir hanya anak-anak yang bisa mempunyai gigi berlubang, tetapi terjadi perubahan di mulut Anda seiring berjalannya usia membuat orang dewasa juga mempunyai gigi berlubang. Seiring bertambahnya usia, gusi Anda semakin menyusut atau menurun dari gigi Anda. Penyusutan gusi juga bisa dikarenakan penyakit gusi. Penyusutan ini bisa menyebabkan plak tumbuh pada akar gigi dan jika Anda makan banyak gula atau makanan ber-karbohidrat tinggi maka Anda akan lebih mudah mempunyai gigi yang berlubang.

Jika Anda sudah mempunyai gigi berlubang maka Anda kemungkinan akan merasakan sakit gigi terutama setelah Anda makan atau minum sesuatu yang manis, panas, atau dingin.

Beberapa obat sakit gigi berlubang terbaik adalah:

1.  Membersihkan mulut secara menyeluruh.


Potongan-potongan kecil makanan yang masuk dan bersarang di gigi bisa memperburuk rasa sakit gigi berlubang atau radang gusi. Ketika hal ini terjadi, membersihkan mulut Anda secara menyeluruh dapat menghilangkan rasa sakit dan membuat masalah pergi.

2. Gunakan benang gigi.

Pastikan benang tidak melukai gusi Anda. Tarik benang bolak-balik, kesamping dan keatas gigi sehingga mengeluarkan semua sisa makanan yang menempel di gigi.

3. Menyikat gigi.

Jika sakit Anda disebabkan oleh radang gusi, ini adalah salah satu cara terbaik untuk meringankan rasa sakit. Sikat gigi Anda selama beberapa menit, berkonsentrasi pada daerah yang menyakitkan. Terus menyikat sampai gigi Anda tidak lagi terasa sensitif.


4. Berkumur dengan cairan pembersih mulut
.

Setelah selesai membersihkan gigi, berkumurlah dengan menggunakan cairan pembersih mulut untuk membilas sisa makanan yang sudah keluar dari sela-sela gigi.


5. Ulangi dan teruskan
.

Lakukan proses membersihkan mulut secara menyeluruh ini secara rutin dua kali sehari, setiap hari, dan tetap melakukannya setelah nyeri reda.

6. Berkumur dengan air garam.


Sakit gigi yang disebabkan infeksi ringan mungkin akan hilang dengan sendirinya. Untuk membantu meredakannya, buatlah larutan air garam dengan melarutkan sesendok garam kedalam segelas air hangat. Berkumurlah selama 30 detik dengan air garam tersebut dan pastikan air garam mengenai daerah gigi yang berlubang. Ulangi beberapa kali sehari sampai nyeri reda. Air garam dapat membunuh bakteri yang bersarang di gigi yang berlubang. Selain beberapa obat sakit gigi berlubang diatas, baca juga cara merawat gigi berlubang.

  1. Beberapa obat sakit gigi alami terbaik

    Obat sakit gigi alami telah ada sejak manusia gua pertama mempunyai gigi berlubang pertama. Mengapa obat sakit gigi alami ini bisa bertahan sampai sekarang dimana obat sudah sedemikian canggihnya?

    Ada tiga alasan utama:

Takut ke dokter gigi.

Orang takut bahwa sakit gigi berarti perawatan gigi yang menyakitkan atau mahal. Daripada menambal gigi berlubang mereka, mereka lebih suka menunda untuk berkunjung ke dokter gigi.

Percaya pada solusi alami.

Ada orang yang sangat percaya pada obat homeopati. Mereka lebih suka mendapatkan pengobatan sakit gigi alami tanpa obat atau intervensi medis hanya karena mereka menghindari kunjungan ke dokter gigi dengan biaya yang mahal.

Kurangnya waktu.

Dalam kehidupan masyarakat yang sibuk sekarang ini, banyak orang tidak mau meluangkan waktu untuk pergi ke dokter gigi mengecek gigi mereka dua kali per tahun. Mereka merasa dapat mengobati sakit gigi dengan obat sakit gigi alami sampai janji kunjung ke dokter gigi mereka berikutnya, dimana mereka akan mendapatkan pengobatan sakit gigi sepenuhnya dari dokter gigi mereka.

  1. Beberapa obat sakit gigi alami terbaik adalah:

    1. Minyak cengkeh.

      Cengkeh adalah obat sakit gigi alami untuk mendapatkan mati rasa sementara; senyawa kimia utama dari rempah-rempah ini adalah eugenol, anestesi alami. Tapi minyak cengkeh harus digunakan dengan hati-hati. Menuangkan minyak pada daerah sakit benar-benar dapat memperburuk rasa sakit jika Anda mendapatkannya pada jaringan gusi sensitif atau di lidah Anda. Sebaliknya, teteskan dua tetes minyak cengkeh pada bola kapas dan letakkan di gigi yang sakit sampai rasa sakit reda. Dalam keadaan darurat, gunakan sedikit bubuk cengkeh atau cengkeh utuh pada gigi yang sakit. Gigit pelan cengkeh utuh untuk membuatnya melepaskan minyak dan usahakan minyak cengkeh mengenai gigi yang sakit dan pertahankan sekitar setengah jam atau sampai rasa sakit reda.

    2. Teh peppermint.

      Teh peppermint memiliki rasa yang baik dan mempunyai fungsi mati rasa sementara. Masukan 1 sendok teh daun peppermint kering dalam 1 gelas air panas dan biarkan selama 20 menit. Setelah teh mendingin, gunakan untuk berkumur, kemudian membuang atau menelannya. Zat astringent tannins dalam teh hitam yang kuat dapat membantu mengatasi nyeri dengan mengurangi pembengkakan. Jika menggunakan teh celup, kantong teh basah hangat bisa diletakkan di gigi yang sakit untuk bantuan sementara.

    3. Bawang putih.

      Penggunaan bawang putih juga dapat membantu meredakan sakit gigi. Bawang putih memiliki fungsi membunuh bakteri dan fungsi lainnya yang sangat efektif dalam meredakan sakit gigi. Campur satu siung bawang putih yang sudah dihancurkan (atau bubuk bawang putih) dengan sedikit garam meja atau garam hitam dan tempelkan langsung pada gigi yang sakit untuk mengurangi rasa sakit. Baca cara menggunakan bawang putih untuk obat sakit gigi. Jika Anda suka, Anda bisa mengunyah satu atau dua siung bawang putih untuk meredakannya. Ulangi pengobatan alami ini selama beberapa hari.

    Hanya satu obat sakit gigi paling ampuh

    Hanya satu obat sakit gigi paling ampuh yaitu memeriksakan sakit gigi Anda ke dokter gigi.

Kapan saya harus mengunjungi dokter gigi?

Segera kunjungi dokter gigi Anda jika:

  • Anda memiliki sakit gigi yang berlangsung lebih dari satu atau dua hari.
  • Sakit gigi Anda parah.
  • Anda memiliki demam, sakit telinga, atau sakit saat membuka mulut Anda lebar-lebar.

Identifikasi yang tepat dan pengobatan infeksi gigi sangat penting untuk mencegah penyebarannya ke bagian lain dari wajah dan tengkorak dan bahkan mungkin ke peredaran darah.

Apa yang terjadi ketika saya pergi ke dokter gigi dengan sakit gigi?

Untuk mengobati sakit gigi Anda, pertama dokter gigi akan menanyakan riwayat medis singkat dan melakukan pemeriksaan fisik. Dia akan bertanya tentang rasa sakit, seperti ketika mulai, seberapa parah itu, di mana ia berada, apa yang membuatnya lebih buruk, dan apa yang membuatnya lebih baik. Dokter gigi akan memeriksa mulut, gigi, gusi, rahang, lidah, tenggorokan dan leher Anda. Dokter mungkin mengambil foto X-rays serta tes lainnya, tergantung pada apa yang dokter gigi Anda perkirakan menjadi penyebab sakit gigi.

Perawatan apa yang tersedia untuk sakit gigi?

Pengobatan untuk sakit gigi tergantung pada penyebabnya. Jika gigi berlubang yang menyebabkan sakit gigi, dokter gigi Anda akan menambal gigi tersebut atau mungkin mencabut gigi tersebut, jika perlu. Root canal (pencabutan syaraf gigi) mungkin perlu dilakukan jika terjadi infeksi pada syaraf gigi akibat bakteri yang menyusup masuk kedalam gigi dan menyebabkan infeksi tersebut. Antibiotik dapat diresepkan. Fototerapi dengan laser dingin juga dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan yang terkait dengan sakit gigi.

Bagaimana mencegah sakit gigi?

Karena kebanyakan sakit gigi adalah akibat dari kerusakan gigi, ikuti aturan penjagaan kebersihan mulut yang baik bisa mencegahnya. Kebersihan mulut yang baik termasuk menyikat gigi secara teratur dengan pasta gigi yang mengandung fluoride, flossing (membersihkan dengan benang gigi) sekali sehari, dan mengunjungi dokter gigi Anda sesuai waktu yang disarankan untuk check-up dan pembersihan gigi. Selain itu, makanlah makanan rendah gula.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.