Cara menambah berat badan secara alami

Cara Menambah Berat Badan

cara menambah berat badan
cara menambah berat badan

Tidak semua orang memiliki kebutuhan untuk diet atau menurunkan berat badan, beberapa pria juga teridentifikasi membutuhkan penambahan berat badan. Beberapa alasan pria untuk menambah berat badan antara lain adalah untuk mengatasi masalah kesehatan, memperbesar massa otot, meningkatkan kepercayaan diri hingga memperbaiki penampilan.Pria yang tidak memiliki penyakit tertentu, memang memiliki sistem metabolisme yang lebih cepat sehingga menyebabkan tubuh mereka sulit bertambah berat badannya. Berikut ini merupakan beberapa cara menambah berat badan pria secara alami.

1. Makan banyak dan teratur

Untuk menambah berat badan disarankan untuk makan sebanyak 5-6 kali sehari, dengan pola 3 kali makan besar seperti biasa (sarapan, makan siang dan makan malam) dan ditambah 2-3 kali makan makanan ringan yang sehat, semisal buah, buah kering atau kacang-kacangan. Jangka waktu dari pola makan ini adalah setiap 3 jam sekali. Lakukan pola makan seperti ini secara teratur.

2. Kunyah makanan sampai halus

Mengunyah makanan memang terlihat sebagai hal yang sepele bagi beberapa orang. Namun keuntungan dalam mengunyah makanan sampai halus adalah dapat memudahkan tubuh untuk menyerap nutrisi makanan. Jumlah kunyahan yang disarankan adalah minimal 26 kali.

3. Konsumsi makanan sehat bernutrisi

Makanan yang dikonsumsi agar badan menjadi gemuk tidak hanya makanan yang berlemak dan berkalori tinggi saja. Namun, kebutuhan akan nutrisi yang seimbang antara karbohidrat, protein, vitamin, mineral dan lemak juga disarankan untuk membuat badan menjadi lebih gemuk. Karena jika makanan tidak memiliki keseimbangan nutrisi maka dapat menyebabkan meningkatnya kolesterol dalam tubuh yang dapat berujung pada resiko serangan jantung.

Makanan kaya karbohidrat misalnya nasi merah, gandum, sereal dan roti. Untuk kebutuhan protein dapat ditutup dengan daging ayam, ikan dan kacang-kacangan. Sumber makanan kaya vitamin dapat diperoleh dari buah-buahan dengan berbagai macam jenis, sedangkan untuk kebutuhan mineral dapat diperoleh dari susu, keju, daging merah hingga sayuran.

4. Tambahkan kalori

Kalori merupakan sumber utama energi bagi tubuh dan kalori berbeda dengan lemak. Kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda, hal ini tergantung pada jumlah energi yang mereka keluarkan setiap harinya. Oleh sebab itu, menambah kalori dalam tubuh dapat menjadi sumber energy aktivitas sehari-hari. Kalori bisa ditambahkan semisalnya dengan menambah parutan keju atau kacang-kacangan pada makanan. Namun usahakan agar tidak berlebihan, karena kalori dapat menimbulkan resiko diabetes.

5. Susu penambah berat badan

Selain makanan kaya nutrisi dan kalori, Anda juga dapat mengkonsumsi susu khusus yang memiliki fungsi untuk menggemukan badan. Jika Anda lebih cocok dengan susu bubuk biasa yang harganya lebih terjangkau, dapat juga menggunakannya dengan takaran minum yang lebih kental.

6. Konsumsi madu penggemuk badan

Selain memiliki berbagai macam khasiat yang baik bagi kesehatan, madu juga salah satu jenis makanan yang tepat untuk dikonsumsi saat melakukan program penggemukkan badan. Madu jenis penggemuk badan dapat menjadi pilihan yang tepat, karena kandungan alaminya tidak akan menimbulkan efek samping yang dapat mengganggu kesehatan.

7. Minum jus atau Smoothies

Jus atau smoothies merupakan jenis minuman yang efektif untuk menambah berat badan. Hal ini dikarenakan selain sehat, minuman tersebut dapat diserap ke dalam tubuh dengan lebih cepat. Smoothies merupakan minuman yang memiliki bahan dasar susu atau yoghurt yang dapat dicampur dengan buah atau sayuran tertentu.

8. Selalu bawa camilan

Untuk mencukupi pola makan 3 jam sekali, Anda disarankan untuk selalu membawa makanan ringan atau camilan. Makanan ringan yang sehat sangat disarankan, seperti misalnya kacang kedelai, almond, kurma, potongan buah, buah kering, dan sebagainya. Hindari makanan ringan yang digoreng dan makanan yang memiliki kandungan lemak dan kolesterol jahat. Makanan ringan kemasan seperti chips juga perlu dihindari, karena kandungan nutrisinya yang tidak seimbang.

9. Minum air putih

Sebuah penelitian ilmiah mengemukakan bahwa hampir 70% dari orang yang memiliki tubuh kurus kekurangan cairan di dalam tubuhnya. Sehingga untuk Anda yang ingin gemuk, ada baiknya sering mengkonsumsi air putih. Setidaknya perlu 8 gelas atau 2 liter setiap harinya. Selain untuk menggemukkan badan, air juga membantu jalannya fungsi organ untuk menyerap nutrisi, termasuk lambung dan usus.

10. Jangan minum sebelum makan

Minum air putih sebelum makan disarankan untuk orang yang sedang mengikuti program diet, tidak untuk orang yang mengikuti program penggemukan tubuh. Minum air putih sebelum makan dapat membuat perut kenyang, sehingga porsi makan akan menjadi berkurang.

11. Minum 30 menit sesudah makan

Minum air putih sesudah makan dapat membantu peningkatan penyerapan nutrisi dalam tubuh. Sehingga hal ini dapat membantu menggemukkan badan secara alami. Selain air putih, pisang juga memiliki kemampuan yang sama dalam membantu penyerapan nutrisi dalam tubuh.

12. Atur jam tidur

Memiliki waktu tidur yang teratur sangat disarankan untuk menjaga kesehatan. Waktu tidur yang baik adalah selama 6-8 jam sehari di malam hari, bukan dini hari.

16. Olahraga

Salah satu aktivitas fisik yang dapat membantu meningkatkan berat badan adalah olahraga, terlebih jika dilakukan secara rutin. Saat berolahraga, Anda akan mengeluarkan banyak kalori dari dalam tubuh. Sehingga hal ini akan menyebabkan nafsu makan meningkat. Olahraga yang ideal untuk menambah berat badan antara lain adalah jogging, sepeda, aerobik, berenan, yoga dan angkat beban.

Selain dapat menambah berat badan, olahraga tersebut juga membantu meningkatkan massa otot agar tampak lebih besar. Makanan yang mengandung banyak protein yang dikonsumsi setelah berolahraga, akan membantu penambahan berat badan secara maksimal.

17. Pastikan tidak ada penyakit tertentu

Perlu konsultasi pada dokter mengenai penyebab Anda kurus, karena beberapa penyakit tertentu tidak bisa membuat badan menjadi gemuk. Seperti misalnya :

  • Hipertiroidisme (kelenjar tiroid) yang bekerja terlalu aktif dalam tubuh.
  • Coeliac, penyakit yang menyebabkan badan tidak mampu menyerap nutrisi makanan.
  • Anoreksia nervosa (gangguan pola makan).

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.